Panglimo Olang Putie dan Sang Ratu Helmina

Dua Jalur Pada Hilir 15 Sama-sama Melaju Kehari Kedua

Jumat,11 Juli 2019 - 08:41:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUKKUANTAN - Pacu jalur ajang uji coba kecamatan Gunung Toar tahun 2019 hari kedua, Jumat ( 12/7/2019) akan diikuti 25 jalur.

Seharusnya 24 buah jalur jika melihat jumlah jalur yang berpacu pada hari pertama sebanyak 48 buah. Lalu apa sebabnya ?

" Pada hari kedua nanti semestinya ada sebanyak 24 jalur. Namun karena ada insiden dipancang start, maka kedua jalur dihilir 15 dinyatakan menang,"ujar ketua panitia, Aris Sutanto pada wartawan.

"Ini sudah kesepakatan panitia dan kedua perwakilan jalur untuk memenangkan jalur Soriak Sarumpun dari Desa Pulau Binjai dengan jalur Sinar Kilat Keramat dari Desa Teluk Beringin. Ini sudah kelar, tidak ada masalah lagi. Mereka tetap mencabut undian dengan jalur-jalur pemenang nantinya," ujar Aris menjelaskan pernasalahan yang terjadi.

Sementara itu hilir yang menjadi perhatian dan ditunggu penonton terjadi saat jalur Sang Ratu Helmina dari Desa Koto Kombu dengan Palimo Olang Putie dari Desa Sungai Alah. Mengapa tidak, dari tiga kali pertemuan sejak tahun 2018, dua kali berakhir di layar monitor panitia untuk menentukan jalur mana yang menang.

Hal yang sama terulang hari pertama pacu jalur ajang ujicoba Guntor 2019. Sejak meriam melotui ( meletus) dipancang start kedua jalur kembali berpacu habis-habisan hingga garis finish.

Pacu keduanya mendapat apresiasi penonton. Gemuruh ribuan suara penonton yang memberikan dukungan kepada dua buah jalur andalan Kecamatan Hulu Kuantan tersebut pecah saat akan memasuki 15 meter menjelang finish. Sebab, kedua haluan jalur saling jujuik manjujuik ( mendahului) .

Sehingga, para penonton tidak bisa memastikan jalur mana yang lebih awal masuk pancang finish. Dengan demikian, panitia terpaksa memanggil masing-masing perwakilan jalur untuk melihat layar monitor yang sudah direkam panitia.

Setelah kedua perwakilan jalur melihat hasil rekaman, maka panitia memutuskan bahwa jalur Palimo Olang Putie berhasil lebih awal masuk garis finish.

Duel yang ditunggu juga saat Tuagh Koghi Dubalang Ghajo dari desa Pintu Gobang Kari dan jalur Tuah Inayan Mandulang Untuang dari desa Pulau Aro sama-sama dari kecamatan Kuantan Tengah hilir.

Beberapa jalur uanggulan yang masuk hari kedua antara lain, Tuah Inayan Mandulang Untuang, Singa Kuantan, Ngiang Kuantan, Palimo Olang Putie dan Jalur Power Agung. ( rls/isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT