Forum Mahasiswa Teknik Sipil Riau-Kepri Kagum dengan Kompleks Rumah Godang Kenegerian Sentajo

Forum Mahasiswa Teknik Sipil Riau-Kepri Kagum dengan Kompleks Rumah Godang Kenegerian Sentajo
Rombongan FKTMSI Riau-Kepri di Kompleks Rumah Godang Kenegerian Sentajo

SENTAJO RAYA -  Destinasi wisata kompleks rumah adat Kenegerian Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing) Riau semakin populer. Hampir setiap hari cagar budaya ini dikunjungi para wisatawan dari luar. 

Hari Ahad ( 16/10/23 ) pagi giliran Forum Komunikasi Mahasiswa Tekhik Sipil Indonesia (FKMTSI) Riau Kepri bertandang mengunjungi Kampung Adat Kenegerian Sentajo tersebut. 

Koordinator Wilayah II Riau – Kepri FKMTSI,  Armansyah disela-sela berkeliling kompleks cagar budaya menuturkan, kedatangan mereka ke Kampung Adat Kenegerian Sentajo ingin melihat langsung peninggalan bersejarah Rumah Godang (Rumah Adat) Kenegerian Sentajo yang sudah berumur ratusan tahun namun hingga kini masih berdiri kokoh termasuk prosesi adat yang masih dilaksanakan. 

Diakui Armansyah, para mahasiswa Teknik Sipil Riau-Kepri merasa salut dan terpukau sesampai dikawasan cagar Budaya Kenegerian Sentajo ini. 

“ Dengan 27 rumah adat yang setiap tahunnya masih difungsikan untuk bersilaturahmi para Ninik - Mamak dengan Cucu - Kemenakan, peradaban ini memang sangat luar biasa,”ujarnya.

Menurutnya  mahasiswa teknik sipil dari 6 Kampus yang berbeda sangat terkesima dengan arsitektur Rumah Adat Kenegerian Sentajo.

“ Karena kunjungan ini yang pertama kali, Insya Allah nanti Kami akan kembali kekampung Adat Kenegerian Sentajo ini,”sebutnya. 

Dirinya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintahan Desa Koto Sentajo yang telah memfasilitasi kunjungan mereka. 

“ Kami mahasiswa juga berterima kasih kepada Menti Sakoto Suku Patopang yang secara detail menerangkan fungsi dan sejarah Rumah Adat Kenegerian Sentajo,”paparnya.

Ia menambahkan rombongan mahasiswa yang berkunjung lebih kurang 50 orang yang berasal 6 universitas diantaranya Universitas Pahlawan (UP), Institut Bisnis Ingragiri (ITBI), Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru (STTP), Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks) dan Universitas Islam Indragiri (UNISI).

Sementara itu Penjabat Kepala Desa Koto Sentajo H. Bahmada A.Md mengucapkan selamat datang kepada  Koordinator wilayah II Riau - Kepri  FKMTSI beserta rombongan di Kampung Adat Kenegerian Sentajo. 

“ Mudah-mudahan dengan adanya kunjungan para Mahasiswa yang tergabung dalam FKMTSI akan menambah wawasan serta akan faham akan fungsi rumah godang ini harap,”harapnya. 

Selain mengunjungi kompleks Rumah Adat Kenegerian Sentajo, FKMTSI juga mengunjungi Masjid Usang Raudhatul Jannah, melihat proses pembangunan rumah godang  Dubalang Rajo Suku Paliang serta mengunjungi Laman Silek Pendekar Batuah.

Kunjungan FKMTSI Riau Kepri ini turut dihadiri Presiden Mahasiswa Universitas Islam Kuantan Singingi Rendy Syahputra, Ketua Pokdarwis Yures Tanto yang juga mantan Presiden Mahasiswa Universitas Islam Kuantan Singingi serta perangkat desa Koto Sentajo. (mad)

 

Berita Lainnya

Index