Pacu jalur. ( ktc )

Jumlah Jalur Yang ikut Serta Didua Iven Menurun Dibanding Tahun 2016

Kamis,06 Juli 2017 - 09:13:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUKKUANTAN - Jika melihat data jumlah jalur yang berpartisipasi didua even yang digelar tahun 2017 ini  tampak menurun dibandingkan tahun 2016 lalu. Diduga akibat kelesuan perekonomian menjadi penyebabnya.

Pacu jalur kecamatan rayon I dari data yang ada, pada tahun 2016 lalu diikuti 96 buah jalur yang dihelat di tepian Lubuak Sobae Baserah dengan tuan rumah kecamatan Kuantan Hilir Seberang. Sementara jumlah jalur yang berpartisipasi pada ajang pacu jalur rayon I tahun 2017 di tepian Nyiur Melambai desa Sikakak kecamatan Cerenti jumlah jalur menurun lebih dari separuh yakni 37 buah jalur.

Penurunan juga terjadi pada pacu jalur ajang uji coba Gunung Toar. Tahun 2016 yang lalu diikuti 43 buah jalur tahun 2017 ini hanya diikuti 38 buah jalur.

Marwan Bulual salah seorang pengurus jalur, Kamis ( 6/7/2017) menduga penurunan akibat kondisi ekonomi yang berdampak pada ekonomi warga dam operasional jalur.

" La gompuar urang kini ang ( babak belur ). Gotah jo sawit murah, maeotong pariuak nasi surang-surang urang kini. Kurang bagairah condo ( harga karet dan sawit jatuh, orang sibuk dengan urusan rumah tangga masing-masing),"ujar pengurus jalur Linggarjati desa Pulau Kumpai Pangean ini.

Dengan kondisi ini katanya pengurus jalur cukup dilema menggalang sumbangan dana kemasyarakat. 

Begitu juga lanjutnya untuk mengharapkan sponsor tidak seperti dulu lagi. 

" Kalau dulu ya senang cari bantuan,"urainya.

Menurutnya dana untuk jalur mulai dari puding saat latihan, membawa jalur ke gelanggang dan memulangkannya.Belum lagi puding dan konsumsi selama pacu

Walaupun demikian pelaksanaan pacu jalur tetap berlansung semarak dan menarik ribuan orang untuk menyaksikannnya.Arena pacu jalur baik di tepian Teluk Bayur dan Nyiur Melambai tetap dipadati penontonm ( isa )


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT