Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Sukarmis dan Andi Putra Galang Dana Untuk Jalur Soriak Sarumpun Tolang Batutu

Minggu,26 Maret 2017 | 01:40:00   Dibaca: 2144 kali
Sukarmis dan Andi Putra Galang Dana Untuk Jalur Soriak Sarumpun Tolang Batutu
Ket Foto : Melayur jalur Soriak Sarumpun Tolang Batutu. ( ktc )
TELUK KUANTAN  - Ketua DPRD Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau, Andi Putra SH MH kembali melayur jalur dan mantan Bupati Kuansing H Sukarmis, Sabtu malam (25/3/2017)  hadir  melayur jalur Soriak Sarumpun Tolang Batutu, desa Pulau Binjai kecamatan Kuantan Mudik.

Turut mendampingi keduanya sejumlah anggota DPRD Kuansing dari Golkar, seperti Adam, Masran Ali, Fitri Pita, Jons Ade Nopendra, dan Andi Cahyadi. Kehadiran mereka disambut langsung Kades Pulau Binjai, Jon Eka Putra beserta jajaran dan masyarakat Pulau Binjai sekitarnya. Sukarmis dan Andi Putra juga melakukan penggalangan dana untuk jalur Soriak Sarumpun Tolang Batutu tersebut dan  berhasil terkumpul dana sebesar Rp47,7 juta. 

Dihadapan masyarakat Pulau Binjau, Ketua DPRD Kuansing Andi Putra pun berharap jalur Soriak Sarumpun yang dilayur ini bisa merengkuh prestasi di setiap gelanggang pacu jalur.  "Semoga jalur ini laju, dan meraih prestasi. Tidak mudah untuk meraih prestasi itu, syaratnya masyarakat harus kompak, bersatu, berdoa, giat latihan, dan jalur harus mendukung," ujar Andi Putra.

Kehadiran bersama  Sukarmis dan sejumlah anggota DPRD Kuansing di Pulau Binjai, menurutnya, adalah wujud nyata dukungan pihaknya dalam melestarikan tradisi pacu jalur di Kuansing. "Karena pacu jalur ini tidak hanya aset kita, tapi juga sudah menjadi aset budaya nasional," katanya.

Kemudian, Kepala Desa Pulau Binjai, Jon Eka Putra mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Andi Putra dan Sukarmis dan rombongan yang berkenan hadir melayur jalur di Pulau Binjai. 

"Terima kasih atas kehadiran Pak Sukarmis bersama Ketua DPRD Kuansing melayur jalur kami. Semoga ini menjadi motivasi bagi kami untuk meraih prestasi,"tutupnya.

Sukarmis sendiri menyatakan upayanya ini tak lain dari mendukung program pemerintah dan masyarakat mendukung pelestarian pacu jalur yang merupakan tradisi kebanggaan masyarakat Kuansing dan Riau. Apalagi pacu jalur telah menjadi kalender pariwisata nasional di Riau bersama Bono dan Bakar Tongkang. " Ini menjadi kewajiban Kita semua sesuai kemampuan melestarikan pacu jalur,"ulasnya.( isa )

Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.