Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Pacu Jalur Jadi Event Wisata Nasional, Sekda : Alhamdullah Pacu Jalur akan Makin Mendunia

Kamis,09 Februari 2017 | 03:29:00   Dibaca: 2278 kali
Pacu Jalur Jadi Event Wisata Nasional, Sekda : Alhamdullah Pacu Jalur akan Makin Mendunia
Ket Foto : Pacu Jalur. ( ktc )

TELUK KUANTAN – Kementrian Pariwisata dan Kebudayan RI menetapkan pacu jalur yang menjadi kebanggaan warga Kuantan Singingi ( Kuansing ) menjadi salah satu dari tiga event wisata di Riau yang masuk menjadi event wisata nasional.

“ Alhamdulillah Kita pantas bersyukur, pacu jalur bersama festival Bono di Pelalawan dan ritual Bakar Tongkang di Bagan Siapi-api Rohil ditetapkan menjadi event wisata berskala nasional di provinsi Riau,”ujar Sekda Kuansing, H Muharman, M.Pd saat dikonfirmasi, Kamis ( 9/2/2017 ) siang.

Dengan telah menjadi kalender wisata nasional oleh Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan ujarnya, maka pacu jalur akan semakin mendunia. Pasalnya kementrian akan mempromosikan event pacu jalur baik ditingkat nasional dan internasional melalui gerakan promosi yang akan mereka lakukan dalam menggenjot kedatangan Wisman ke Indonesia.

Sekda mengajak, dengan masuknya pacu jalur menjadi event wisata nasional, masyarakat Kuansing perlu meningkatkan sadar wisata, agar semakin tercipta suasana dan kondisi parwisata di Kuansing.

Tidak hanya itu dirinya minta pemerintah pusat dan provinsi Riau memberi bantuan dana untuk pengembagan sektor pariwisata di Kuansing khususnya lokasi dan kegiatan pacu jalur.

 “ Kita harapkan pemerintah pusat dan provinsi mengalokasikan anggaran pembenahan arena pacu jalur tepian Narosa Teluk Kuantan sekaligus sarana dan prasrana untuk kelancaran pacu jalur sendiri,”ujarnya.

Disamping pacu jalur ujarnya, masyarakat luar juga harus tahu bahwa Kuansing memiliki objek wisata, baik alam, budaya dan kuliner, seperti air terjun, hutan lindun, suaka margaswata, arung jeram,desa adat yang layak untuk didatangi.

“ Kita berharp dengan majunya pariwisata menggerakkan sektor rill, ekonomi kerakyatan mulai dari transportasi, restoran, hotel dan cendera mata,”ujarnya. ( isa)


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.