Pacu antara Tuah Kalejengking Muda Indragiri dan Siposan Rimbo RAPP. ( sumber : internet )

40 Jalur Inhu akan ke Kuansing Pertahankan Juara

Selasa,15 Agustus 2016 - 10:45:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ) bertekad bulat akan mempertahankan gelar juara pertama yang mereka raih tahun lalu di ajang pacu jalur tradisional tahun 2016 di Tepian Narosa, 25 hingga 28 Agustus mendatang. Tak tanggung-tanggung mereka bakal mengirim  40 buah jalur untuk adu perkasa dengan jalur-jalur asal Kuantan Singingi ( Kuansing ).

" Saya jumpa Pak Yopi ( Bupati Inhu ) belum lama ini. Beliau katakan akan mengirim 40 buah jalur ke Kuansing, Kami akan kalahkan jalur-jalur abang ( Kuansing ),'ujar Sekda Kuansing, Drs H Muharman, menirukan ucapan Yopi saat ngopi siang dengan wartawan, Senin ( 15/8/2016 ) di Teluk Kuantan.

"Cukup banyak mereka mengirimkan jalur tahun ini, ini perlu diapresiasi, Pak Yopi juga akan hadir memberi support bagi jalur-jalur asal Inhu,"ujar Muharman.

Menurut Muharman, selaku Bupati Inhu, Yopi Arianto menaruh perhatian besar pada pacu jalur. Hal tersebut terlihat dari alokasi dana APBD Inhu untuk jalur-jalur asal kabupaten tersebut untuk dapat ikut serta di gelanggang pacu jalur Tepian Narosa.

" Keikutsertaan jalur-jalur mereka sebagian didanai dari APBD Inhu,"ujarnya.

Sehubungan dengan itu Muharman minta warga Kuansing untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi jalur-jalur dari luar Kuansing, karena mereka sudah turut membesarkan tradisi Kuansing yang sudah terkenal ini. " Berapa jauh mereka datang, ada yang ratusan kilometer, tentu sportifitas harus Kita kedepankan dan Kita jaga untuk semuanya, baik Panpel dan penonton,"ujarnya.

Menurut Muharman, semakin banyak daerah lain terlibat dalam pacu jalur semakin baik. Karena dengan sendirinya penonton akan membanjiri kota Teluk Kuantan, dan itu peluang usaha bagi pedagang dan pengusaha, baik rumah makan, transportasi, penginapan dan yang lainnya seperti parkir serta jasa lainnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT