Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Jalur-jalur Kandidat Juara Melenggang kehari Kedua

Jumat,21 Agustus 2014 | 01:49:00   Dibaca: 3556 kali
Jalur-jalur Kandidat Juara  Melenggang kehari Kedua
Ket Foto : Atrasi penari dan pengayuh saat memulai pacu di pancang awal. ( ktc )


TELUK KUANTAN  - Jalur-jalur yang diprediksi sebagai kandidat juara atau mampu melenggang ke hari keempat melenggang mulus kehari kedua. Mereka tampak masih terlalu tangguh bagi lawan-lawannya pada pacu jalur event nasional hari pertama, Kamis ( 21/8/2014 ) siang hingga sore di arena tepian Narosa Teluk Kuantan.

Jawara  bertahan tahun 2013, jalur Untung  Bertuah dari Danau Baru Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu belum terhadang dan mampu menyisihkan jalur Garuda Baru dari Desa Pulau Mungkur Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi. Jalur Untung Betuah  dengan mudah mengalahkan salahsatu jalur unggulan dari Kecamatan Gunung Toar, Kuansing itu.
 Selain jalur Untung Bertuah, runner up even pacu jalur nasional 2013, jalur Siposan Rimbo
 RAPP dari Desa Pauh Angit Pangean juga mengandaskan impian jalur Singa Ngarai dari Desa Kalimanting Kecamatan Benai.
 Begitu juga dengan jawaran sejumlah pacu jalur rayon kecamatan di Kuansing, Meriam Onggang Parau dari Kepala Pulau Kuantan Hilir, jalur Linta Jalang dari Petapahan Gunung Toar dan Pulau Laghe Mandulang Untuang RAPP dari Pulau Madinah Kuantan Hilir juga belum terhadang.
 Meriam Onggang  Parau dari desa Kepala Pulau berhasil memupuskan harapan jalur Pandan Baiduri dari Rengat Inhu.  Jalur unggulan lainnya dari Kuantan Hilir, jalur Pulau Laghe Mandulang  Untuong berhasil  menghempaskan jalur Pendekar Kuantan dari Ujung Tanjung Kecamatan Benai.
Jalur unggulan lainnya, Lintah Jalang yang merupakan jawara  rayon II berhasil menundukkan jalur Kumbang Putiah Danau Takopuang dari Desa Danau, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang. Begitu juga dengan Linggarjatio J-A RAPP dari desa Pulau Kumpai Pangean dan jalur Upae Saghok Ghimbo Dusin dari  Kuantan Hilir juga belum terhadang.  Jalur unggulan lain  Seroja Indah Rawang Duri dari Kuantan  Hilir, Ngiang Kuantan Cahayo Nagori dari Gunung Toar dan Juragan Kuantan juga dari Gunung Toar. Selanjutnya, jalur unggulan yang maju kehadi kedua Bintang Emas Cahaya Intan dari Hulu Kuantan, jalur
Namun demikian sejumlah jalur unggulan yang sudah punya nama  besar juga gagal melaju ke hari kedua, seperti jalur Puti Mandi Mayang Taurai dari Desa Rantau  Sialang, Kecamatan Kuantan Mudik yang berhasil ditumbangkan jalur unggulan dari Kecamatan Pangean, yakni jalur Ombak Nyalo Simutu Olang dari Desa Pulau Tengah Pangean.

Sementara itu walau hujan deras  mengguyur kota Teluk Kuantan,  masyarakat tetap antusias menyaksikan hilir demi hilir pacu jalur di Tepian Narosa Teluk Kuantan. Mereka tidak beranjak  meninggal Tepian Narosa hanya untuk menyaksikan jalurnya berpacu.

"Sebelum semua jalur hilir, kami tidak akan beranjak meskipun  gerimis," kata Nurdin (67), salah seorang warga dari  Kecamatan Gunung Toar .

Menanggapi suksesnya pacu jalur hari pertama, Ketua Umum Pacu Jalur Tradisional 2014, Drs H  Muharman MPd mengucapkan terima kasih kepada seluruh jalur yang berpartisipasi yang turut mensukseskan even pacu jalur. Selain itu, Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut mensukseskan pelaksanaan pacu jalur di Kuansing.( isa )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.