Pacu jalur di arena Tepian Datuk Bandaro Lelo Budi beberapa waktu lalu. ( ktc )

Besok Pacu Jalur Rayon IV Digelar, Ajang Pertemuan Jalur Hilir dan Hulu

Minggu,10 Agustus 2014 - 08:56:00 WIB
Share Tweet Google +



TELUK KUANTAN  - Dua hari jelang pelaksanaan pacu jalur rayon IV Kabupaten Kuantan Singingi di Tepian Datuk Bandaro Lelo Budi, Desa Pulau Godang Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, sebanyak 30 jalur sudah mendaftar, pada Minggu (10/8/2014).

Sesuai jadwal, pelaksanaan even pacu jalur rayon IV akan berlangsung pada Selasa ( 12/8/2014 ) hingga Kamis (14/8/2014). Dari hasil pendaftaran tersebut, diprediksi jalur yang akan mendaftar jumlahnya dipastikan akan terus bertambah hingga dilaksanakan technical meeting, Senin (11/8/2014) hari ini.

Bahkan panitia memprediksi jumlah jalur nanti bisa mencapai 60 jalur yang akan ikut berpacu pada pacu jalur rayon IV ini.

Salah seorang panitia pacu jalur, Darwis yang juga mantan Kepala Desa Bandar Alai Kari, mengatakan, sejumlah jalur unggulan yang telah mendaftar diantaranya jalur Meriam Onggang Parau Desa Kepala Pulau Kuantan Hilir.

Kemudian jalur Toduang Biso Rimbo. Piako dari Desa Pebaun Hilir, jalur Batu Lompatan Harimau Kompe Kinali Kuantan Mudik. Lalu, jalur Juragan Kuantan, jalur Lintah Jalang dari Gunung Toar, jalur Toduang Kuantan dari Pangean dan jalur Soriak Sarumpun dari Kuantan Mudik.

Untuk tempat pencabutan undian nanti akan dilaksanakan di tribun pancang finis Tepian Datuk Bandaro Lelo Budi, yang dimulai pukul 14.00 WIB.

Sementara itu, Camat Kuantan Tengah Drs H Masran Abdullah yang mengatakan, untuk total hadiah pacu jalur Rayon IV ini panitia menyiapkan sebesar Rp50 juta. Dimana hadiah juara 1 nanti berhak atas satu ekor kerbau ditambah uang pembinaan dan piala serta tonggol, juara 2 satu ekor sapi ditambah uang pembinaan dan piala serta tonggol, juara tiga satu ekor sapi ditambah piala dan uang pembinaan serta tonggol juara.

Sementara untuk juara 4-10 akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan tonggol juara. "Jadi, hanya juara 1-3 yang akan diberikan ternak, juara 4-10 diberi uang pembinaan," katanya.

Untuk persiapan, hingga Ahad, sudah mencapai 90 persen. Dan sekarang tinggal lagi persiapan di tempat acara pembukaan. "Pacu jalur ini Insya Allah dibuka Pak Bupati," katanya.

Sementara itu mengingat tepian Bandaro Lelo Budi cukup dekat bagi kecamatan di hilir maupun hulu sungai Kuantn, pacu jalur di arena ini akan menjadi ajang bertemunya jalur-jalur unggulan dari hilir dan hulu. Pacu jalur diarena ini akan menjadi salah satu barometer untuk memprediksi peta kekuatan jalur di Kuansing tahun ini. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT