Bupati Inhu Yopie Arianto bersama pemacu Untung Betuah. ( fhoto : riau terkini.com )

Diarak Sejak Peranap Hingga Rengat, Bupati Yopi Sambut Untuang Betuah

Selasa,26 Agustus 2013 - 09:00:00 WIB
Share Tweet Google +


RENGAT-Penantian panjang masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terbayar sudah, dua jalur asal Desa Danau Baru, Kecamatan Rengat Barat keluar sebagai juara pada event nasional Pacu Jalur di Tepian Narosa, Taluk Kuantan, Kabupaten Kuansing.

Keberhasilan jalur Untung Bertuah dan Jalur Lantaklah dalam event 2013 ini disambut suka cita Bupati Yopi Arianto dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Inhu di Pendopo Rumah Dinas Bupati Inhu, Jalan Ahmad Yani Rengat, Senin sore (26/8/13). Sebelum sampai ke Pendopo Rumah Dinas Bupati Inhu, rombongan tim jalur tersebut diarak menggunakan kendaraan roda empat sejak dari Kecamatan Peranap hingga ke Rengat sambil memamerkan piala bergilir event nasional Pacu Jalur. Dalam kesempatan itu Bupati Inhu juga menyerahkan bonus untuk seluruh atlet, pelatih serta official tim jalur Lantaklah dan Untung Bertuah.

Dalam sambutanya Bupati Inhu, Yopi Arianto mengaku bangga atas prestasi yang telah diraih jalur Untung Bertuah dan Jalur mini Lantaklah. Hal ini menunjukkan bahwa atlet jalur Untung Betuah dan Lantaklah merupakan atlet yang pantang menyerah dan berupaya berbuat yang terbaik bagi Kabupaten Inhu. “Alhamdulillah, setelah lama menunggu akhirnya juara itu kembali lagi ke Inhu. Ini menunjukkan bahwa atlet Inhu mampu berprestasi baik tingkat provinsi maupun nasional. Mudah-mudahan keberhasilan ini juga mampu memotivasi jalur lain di Inhu untuk berprestasi dan terus berlatih,” ujarnya.

Ditambahkanya, bonus yang diberikan merupakan partisipasi pejabat di lingkungan Pemkab Inhu yang sangat bangga dan antusias menyambut kedatangan tim jalur Untung Bertuah dan Lantaklah. “Keberhasilan ini sekaligus membuktikan bahwa tim jalur lantaklah merupakan atlet yang pantang menyerah dan ikhlas dalam bertanding. Sebab sejak awal Pemkab Inhu tidak pernah menjanjikan bonus, tetapi atlet jalur tetap berbuat yang terbaik untuk marwah Kabupaten Inhu,” tegasnya

Sebagaimana diketahui jalur Inhu berhasil menyandingkan dua gelar sekaligus dalam lomba jalur mini yang diikuti 72 jalur dari berbagai daerah dan lomba jalur besar yang diikuti 128 jalur. Dimana jalur Untung Bertuah menjadi juara pertama kategori jalur besar dan jalur Lantaklah menjadi juara pertama kategori jalur mini.

Keberhasilan dua jalur asal Desa Danau Baru tersebut sekaligus mengakhiri puasa gelar jalur asal Inhu yang sudah berlangsung 10 tahun pada event nasional tersebut. Terakhir, jalur Pandan Baiduri asal Desa Kampung Pulau, Kecamatan Rengat meraih juara pertama tahun 2003. Sejak itu, tidak ada satupun jalur Inhu yang meraih juara pertama. Prestasi terbaik diraih jalur Sialang Soko Putri Mandi asal Desa Setako Raya, Kecamatan Peranap yang meraih juara ketiga pada tahun 2011. ( sumber : riauterkini.com )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT