Pacu Jalur Baserah, Jalur-Jalur Unggulan Melenggang Mulus kehari Kedua

Pacu Jalur Baserah, Jalur-Jalur Unggulan Melenggang Mulus kehari Kedua
dua jalur sedang menantikan pengumuman dewan hakim usai berpacu di Tepian Lubuok Sobae. ( ktc )


BASERAH  - Jalur-jalur unggulan dan punya nama besar dua tahun terakhir karena prestasinya yang gemilang diberbagai ajang pacu jalur, belum terhadang dan melenggang mulus ke hari kedua pacu jalur tradisional Baserah di Tepian Lubuok Sobae Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir, Senin (12/8) sore.Dari 52 buah jalur yang berlaga dihari pertama, 26 jalur maju ke hari kedua dan 26 jalur harus gulung kajang lebih awal.

Jalur-jalur unggulan yang melaju mulus kehari kedua seperti Siposan Rimbo RAPP dari Pauh Angit Pangean, Linggar Jati J-A RAPP dari Desa Pulau Kumpai Pangean, Meriam Onggang Parau dari Desa Kepala Pulau Kecamatan Kuantan Hilir dan Pulau Laghe Mandulang Untuang dari Desa Pulau Madinah juga dari Kecamatan Kuantan Hilir.

Begitu juga jalur andalan dari Peranap Kabupaten Inhu, Sialang Soko Putri Mandi juga berhasi melaju ke hari kedua disusul Jalur Toduang Kuantan dari Desa Tanah Bekali Pangean. Sementara, sang jawara pada pacu jalur rayon I tahun ini, Jalur Ombak Nyalo Simutu Olang dari Desa Pulau Tengah Pangean juga belum terhenti langkahnya di hari pertama.

Dari 26 jalur yang berhasil melaju ke hari kedua, jalur-jalur asal Kecamatan Pangean masih mendominasi. Pada hari kedua putaran pertama, sebanyak 9 jalur dari Pangean kembali berlaga dengan lawan-lawan mereka, disusul dari Inuman, Kuantan Hilir, Benai, Kuantan Hilir Seberang, dan Logas Tanah Darat.


Pacu jalur yang disaksikan puluhan ribu penonton ini juga turut disaksikan Bupati Kuansing H Sukarmis, Kadis, Kaban, dan Kabag serta Kakan di lingkungan Pemkab Kuansing dan Camat Kuantan Hilir Drs H Masran Abdullah dan Camat Kuantan Hilir Seberang Jon Hendri L SSos.

Usai dihelatnya pacu jalur hari pertama, Camat Kuantan Hilir Seberang, Jon Hendri L SSos bersyukur atas suksesnya pacu jalur hari pertama di Kuantan Hilir. "Alhamdulilllah, suksesnya ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, baik anak pacu maupun penonton dan juga panitia," katanya.

Ia berharap pada hari kedua dan seterusnya, pacu jalur tradisional yang bertujuan untuk merajut silaturrahim ini kembali sukses. "Insya Allah, pelaksanaan pacu jalur hari-hari berikutnya berlangsung aman, lancar dan sukses," kata Jon Hendri yang mengajak masyarakat mensukseskan pacu jalur ini.( isa )

Berita Lainnya

Index