9 Jalur Masuk Babak Final, Jalur Non Unggulan Kejutkan Penonton

9 Jalur Masuk Babak  Final, Jalur Non Unggulan Kejutkan Penonton
2 Jalur tampak sedang berusaha keras sebelum masuk finish pacu jalur kecamatan rayon II hari kedua.

PANGEAN  - Setelah bertarung ketat dan habis-habisan diputaran  pertama dan putaran kedua ajang pacu jalur  kecamatan rayon III di Tepian Rajo Pangean hari kedua Rabu ( 26/6 ) siang  hingga sore, akhirnya sembilan   jalur masuk ke babak final. Hal ini membuat kebanggaan bagi anak pacu, suporter dan desa bahkan kecamatan asal sembilan jalur tersebut.

Jika pada putaran pertama boleh dikata belum ada hilir yang menarik, berbeda dengan  putaran kedua. Sejumlah jalur unggulan dan punya nama besar mulai berhadapan dan hilir mereka sangat dinanti-nanti penonton  saat itu. Sejumlah laga seru yang terjadi pada putaran kedua siang tadi yakni pertemuan antara saudara sekecamatan dua jalur unggulan Linggar Jati J-A RAPP dari Desa Pulau Kumpai dengan  Jalur Siposan Rimbo RAPP dari Desa Pauh Angit Pangean. Namun setelah bertarung  sekuat tenaga  Linggar Jati JA RAPP tunduk pada jalur Siposan Rimbo RAPP.

Hilir lain yang menarik perhatian puluhan ribu penonton yakni pacu antara jalur ungulan dari Gunung Toar Juragan Kuantan dari Desa Seberang Gunung, dengan jalur dari kecamatan Pangean Ombak Nyalo Simutu Olang dari Desa Pulau Tengah Pangean. Dalam duel ini Ombak Nyato Simutu Olang mampu mengakhiri debut Juragan Kuantan diajang ini.

Begitu juga  pacu antara jalur Lintah Jalang dari Desa Petapahan Gunung Toar dengan Jalur Meriam Onggang Parau dari Desa Kepala Pulau Kuantan Hilir. Namun Meriam Onggan Parau yang baru saja merebut mahkota juara di  pacu jalur kecamatan rayon II di Tepian Pantai Desa Lubuk Terentang mampu menundukkan Jalur Lintah Jalang.

Pacu tiga hilir ini memang mendapat perhatian  dari penonton. Saat ketiga hilir ini berlangsung penonton langsung berhamburan ke tepi Kuantan untuk menyaksikan mereka sedang berlaga. Selain memiliki kecepatan tinggi, penonton cukup kagum dengan  kekuatan pengayuh mereka dari pancang start hingga finish. Cipratan air langsung terlihat saat hakim memutuskan hilir mereka dinyatakan syah.

Tidak hanya itu,  sejumlah jalur yang sebelumnya tidak diprediksi masuk  final karena belum memiliki prestasi gemilang disejumlah arena, ternyata mampu masuk final dan menyisihkan lawan-lawannya yakni jalur Pulau Laghe Mandulang Untuang. Karena itu debut jalur ini cukup menarik perhatian penonton saat itu. Karena itu prestasi sebagai jalur terbaik yang mendapat juara dipastikan  akan menambah koleksi prestasi jalur ini.


Selain tiga jalur diatas yang masuk final hari Kamis ( 27/6 ) besok, 6 jalur lain yang maju ke final yakni Sembaran Olang Pulai, Toduang Kuantan, Pendekar Panjang Bukik Siguntur, Ngiang Kuantan Cahayo Nagori, Pulau Laghe Mandulang Untuang, dan Montiko Limbek Putiah. Dengan demikian  kecamatan yang masih menyisahkan jalurnya dibabak final pacu jalur rayon III antara lain Kecamatan Pangean 4 jalur,  Kecamatan Gunung Toar dan Kuantan Hilir masing dua jalur, dan 1 jalur dari Kecamatan Kuantan Tengah.

Hari kedua pelaksanaan pacu jalur rayon III di Pangean ini berlangsung seru dan meriah. Ribuan penonton berjubel di tepi Sungai Kuantan untuk menyaksikan hilir demi hilir. Sementara di tribun finis, pacu jalur disaksikan Camat Pangean Novrion SSos, Kapolsek Pangean Milson Joni SE, Kepala Bappeda Kuansing Hardi Yakup, dan sejumlah pemuka masyarakat Pangean, diantaranya Mardianto Manan, H Nayarlis dan H Jubardi dan pemuka masyarakat Pangean perantauan lainnya.

Camat Pangean, Novrion  bersyukur, pelaksanaan pacu jalur hari kedua ini berlangsung aman, tertib dan lancar. Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan masyarakat dan pihak lainnya yang mendukung suksesnya pelaksanaan pacu jalur ini. Diharapkan, hari ketiga ini, pelaksanaan pacu jalur tetap berjalan aman dan lancar. "Mari kita sukseskan pelaksanaan pacu jalur rayon III di Pangean ini," ajak Camat Novrion. ( isa )

Berita Lainnya

Index