Ini Laga Seru Hari Pertama di Tupian Rajo yang Bakal Menghibur dan Sayang Dilewatkan

Kamis,05 Juli 2018 - 08:27:00 WIB

sebuah jalur tiba di arena Tupian Rajo Pangean

TELUKKUANTAN - Dahaga menyaksikan pacu jalur yang sudah dinanti-nanti pada tahun 2018 akan dimulai, Jumat ( 6/7/2018) di Iven Pacu Jalur Tradisional di Tupian Rajo Kecamatan Pangean hingga Minggu (8/7/2018).

Hari perdana para penonton yang hadir akan langsung disuguhi perpacuan menarik karena sejumlah jalur unggulan dan telah punya nama besar langsung berhadapan.

Dari hasil technical meeting dan pencabutan undian di aula Kantor Camat Pangean, Kamis (5/7/2018) pagi,  ajang perdana ini diikuti 53 jalur yang akan berjuang menjadi yang tercepat di Tupian Rajo Pangean.

Jalur-jalur itu berasal dari Peranap Inhu, Cerenti, Inuman, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Logas Tanah Darat, Pangean, Benai, Sentajo Raya, Kuantan Tengah dan Gunung Toar.

Laga-laga seru hari perdana diantaranya mempertemukan sang juara rayon II dan IV 2017, Tuah Koghi Dubalang Ghajo dari Kuantan Tengah ditantang jalur andalan dari Inuman, Dewa Ruci Arung Samudra. Mereka akan berpacu di hilir ke-4. Seterusnya, sang juara nasional 2012, Linggar Jati dari Pangean harus saling menjatuhkan dengan jalur sang juara nasional 2007, Tuah Inayan Mandulang Untuang dari Kuantan Tengah di hilir ke-7.

Selain itu pada hilir ke-14, mempertemukan dua jalur unggulan, antara jalur Duri Bingkuang Rawang Panjang dari Kuantan Tengah dengan jalur Upae Saghok Ghimbo Dusun dari Kuantan Hilir.

Tidak sampai disitu pada hilir ke-15 juga tak bisa dilewatkan. Karena mempertemukan dua jalur yang sudah punya banyak prestasi. Meriam Onggang Parau dari Kuantan Hilir versus Linta Jalang dari Gunung Toar.

Berturut-turut, laga seru tersaji di hilir 16 dan 17. Mempertemukan jalur unggulan, antara Jitu Kuantan dari Inuman berhadapan dengan jalur Palimo Sati dari Gunung Toar. Dan Panah Ombak Sutan Mudo dari Peranap Inhu ditantang jalur Raja Laut dari Kuantan Hilir Seberang.

Tidak hanya itu, di hilir 21, juga tak bisa dilewatkan. Mempertemukan dua jalur andalan dari Cerenti dan Kuantan Hilir. Pangeran Hilir Rantau Kuantan versus Pulau Laghe Mandulang Untuang.

Laga pamungkas pacu jalur hari pertama juga penuh gengsi. Dua jalur unggulan dari Benai dan Cerenti juga harus saling mengalahkan. Kahulu Jantan Danau Kompe dari Benai harus menguji lajunya jalur Marangin Montiak Tuah Lipai dari Cerenti. Sedangkan sang juara nasional 2014, 2016 dan 2017, ditantang jalur Tuah Tigo Muaro Ratu Kalombai dari Cerenti di hilir ke-12.

"Banyak laga seru hari pertama. Ini akan menghibur. Asyik ditonton. Dan mari kita sama-sama kita sukseskan dan saksikan pacu jalur di Tupian Rajo Pangean," ujar Ketua Panitia Pacu Jalur Pangean 2018, Sertu Syakarni kepada wartawan, usai technical meeting. ( mad )