12.326 Siswa SMP di Kuansing Siap Ikuti UAS

Minggu,04 April 2021 - 11:52:00 WIB

Banjirman. Roc

TELUK KUANTAN- 12.326 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi baik negeri maupun swasta akan mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS). UAS akan digelar selama lima hari.

"Ujian akhir sekolah SD dan SMP digelar 5-10 April mendatang," ujar Plt Kadisdik Kuansing Masrul Hakim melalui Kabid Pendidikan Dasar, Banjirman saat dikonfirmasi wartawan.

Dia mengatakan bahwa ujian akhir sekolah tingkat SD dan SMP akan dilaksanakan secara tatap muka meski di tengah masa pandemi Covid-19.

"Ujian dilakukan tatap muka dengan siswa terbatas. Tentunya dengan syarat-syarat protokol kesehatan yang sangat ketat," ujarnya.

Lanjut Banjirman, ujian akhir semester tingkat SMP tersebut akan diikuti 76 sekolah baik SMP Negri maupun swasta.

Sementara jumlah siswa yang mengikuti ujian untuk kelas VII sebanyak 4.169 siswa, kelas VIII sebanyak 4.062 siswa dan kelas IX sebanyak 4.095 siswa.

"Kalau ditotal jumlah siswa SMP yang ikut ujian sekolah sebanyak 12.326 siswa," katanya.

Mencegah penyebaran virus Covid-19, dalam ujian tersebut sekolah dan siswa siswa wajib menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, strategi pelaksanaan pendidikan tatap muka maksimal 18 siswa dengan aturan jarak tempat duduk minimal satu meter.

"Jadi, aturan ini sangat ketat diawasi nantinya, tidak boleh ada keteledoran," katanya.

Menurutnya pelaksanaan ujian akhir sekolah tatap muka ini harus didukung semua pihak untuk mengawasi pelaksanaannya, hingga semua berjalan lancar dan taat akan protokol kesehatan.

"Sekolah harus menyediakan fasilitas seperti tempat cuci tangan. Mengawasi betul agar siswa pakai masker yang benar dan menjaga disiplin jaga jarak," katanya.( ms)