Penyambutan mahasiswa Kukerta Unri

Kehadiran Mahasiswa Kukerta Unri Semoga Bermanfaat Bagi Masyarakat

Jumat,28 Juni 2019 - 09:12:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN-Bupati Kuansing, H Mursini menyambut 954 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kunkerta) Universitas Riau (Unri) di pendopo rumah dinas bupati, Kamis (27/6/2019).

Dalam sambutannya, bupati atas nama Pemda Kuansing menyampaikan ucapan selamat datang dan adik-adik mahasiswa Kunkerta yang digelat selama dua bulan.

"Terimakasih kepada pak rektor, yang telah menempatkan adik-adik mahasiswa di Kuansing. Semoga ini membantu majunya pembangunan di daerah kita ini," kata Mursini.

Mursini juga menjelaskan tentang kondisi geografis Kabupaten Kuansing kepada mahasiswa. Diantaranya, Kuansing terdiri 15 kecamatan, 218 desa dan tujuh kelurahan.

"Mata pencaharian masyarakat yang paling mendominasi adalah sektor pertanian dan perkebunan," katanya.

Kedua sektor itu katanya, cukup berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Misalnya, komoditas karet yang sempat tinggi, namun delapan tahun belakangan harga karet rendah. Termasuk sawit yang harganya naik turun, bahkan sempat menyentuh harga Rp700 perkilo.

"Kondisi ini bedampak terhadap kehidupan ekonomi masyarakat," katanya.

Namun yang cukup stabil adalah sektor pertanian. Meski begitu, sektor ini baru memenuhi kebutuhan masyarakat sebesar 50 persen dari 36.000 ton pertahun.

"Jadi kita baru memenuhi 15 ribu ton pertahun. Semoga ada Kunkerta ini bisa meningkatkan produktifitas petani kita," katanya.

Selain itu, lanjutnya, sektor peternakan dan perikanan memiliki potensi yang cukup bagus. Namun sektor itu terkendala pemasarannya.

"Semoga ini bisa menjadi gambaran adik-adik mahasisa saat menjalani KKN di lapangan," katanya.

Lanjutnya, tak kalah pentingnya adalah sektor wisata. Sektor ini yang kini sedang digalakkan. Baik wisata alam dan budaya.

Sementara Koordinator Wilayah Kuansing Kunkerta Unripe Hendar Sudrajat mengatakan sebanyak 954 mahasiswa akan ditempatkan di 13 Kecamatan di 94 desa.

"Selain kecamatan Pucuk Rantau dan Kuantan Hilir Seberang," katanya.(rls)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT