Distangan Gelar Panen Perdana Cetak Sawah Baru di Mudik Ulo

Distangan Gelar Panen Perdana Cetak Sawah Baru di Mudik Ulo
Padi siap panen. ( isa )


TELUK KUANTAN - Dinas Tanaman Pangan Kuansing bersama masyarakat, Minggu (10/3) siang menggelar kegiatan panen perdana cetak sawah baru di Desa Mudiak Ulo, Kecamatan Hulu Kuantan.

Pada kesempatan tersebut, pihak Distangan Kuansing juga mensosialisasikan program Indeks Pertanaman (IP) 200 atau tanam dua kali dalam satu tahun. Program ini ternyata mendapat respon positif dari masyarakat karena dinilai mampu meningkatkan produksi areal padi.

Kadistangan Kuansing, Ir Hardison, MP melalui Kabid Produksi, Anida, SP saat dikonfirmasi wartawan usai acara menyebutkan bahwa pada kesempatan tersebut telah dilakukan panen perdana di areal cetak sawah baru yang dibangun oleh Pemkab Kuansing melalui dana APBN 2012 lalu seluas 15 ha di Desa Mudiak Ulo.

"2012 lalu melalui program cetak sawah baru dari APBN kita telah membangun seluas 15 ha di Desa Mudiak Ulo ini, dan sekarang merupakan panen perdananya,"ujar Anida.

Guna meningkatkan produksi, menurut Anida, maka pihaknya mencoba untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar bisa menerapkan program IP 200 di areal sawah tersebut." Allhamdulillah animo masyarakat cukup besar untuk melakukan tanam dua kali setahun disini,"ujarnya.

Selain di Mudiak Ulo, menurut Anida, animo masyarakat di Sunagi Pinang, Sungai Alah dan Tanjuang yang pada kesempatan itu juga disosialisasikan program tersebut juga cukup besar.

"Karena untuk program ini ada bantuannya, maka sekarang kita akan lakukan persiapan termasuk menyelesaikan administrasinya, kemungkinan Mei mendatang program ini bisa dilaksanakan,"ujarnya.

Menurutnya Distangan sangat apresiatif dengan animo masyarakat tersebut dan berusaha meralisaiskan semua aspirasi masyarakat dalam hal ini. Apalagi Pemkab Kuansing sendiri berusaha menggalakkan sektor pangan ini untuk memenuhi kebutuhan, minimal bagi warga masyarakat sendiri. ( isa  )





Berita Lainnya

Index