Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Dua Hari Listrik Mati, Sore Ini PLN Upayakan Nyala Kembali

Selasa,29 Januari 2013 | 07:29:00   Dibaca: 2076 kali
Dua Hari Listrik Mati, Sore Ini PLN Upayakan Nyala Kembali
Ket Foto : logo PLN. ( isa )

TELUK KUANTAN - Dua hari aliran listrik mati di Kuansing membuat aktfitas warga banyak terganggu. Sementara itu pihak PLN saat ini terus memperbaiki sejumlah instalasi listrik yang rusak yang menyebabkan padamnya aliran listrik. Akibat jaringan listrik yang tidak berfungsi tidak hanya berimbas pada aktifitas warga, namun juga kantor-kantor milik pemerintah, dan swasta.

Sebagian kantor pemerintah tidak dapat beroperasi seperti biasa, apalagi yang tidak mengoperasikan Genset. Kantor-kantor yang memiliki Genset masih dapat beraktifitas seperti biasa, walaupun hanya untuk kegiatan-kegiatan penting seperti untuk mengoperasikan komputer dan peralatan lainnya. Sementara itu di Kantor Bupati Kuansing, aktifitas tampaknya tidak terkendala, karena kantor Bupati masih menggunakan mesin Genset untuk mendukung kelancaran operasi.

Sebaliknya di rumah-rumah warga banyak yang mengoperasikan Genset untuk penerangan dan juga kebutuhan penting lainnya seperti mengisi air untuk keperluan mandi cuci dan kakus. Sementara bagi yang tidak memiki genset warga terpaksa menimba air dengan timba dan peralatan lainnya. " Terpaksa menimba air dan mengeluarkan lagi tali timba ,"ujar Alfajri warga Luar Parit desa Koto Taluk Kuantan. Selain menimba air, ada juga warga yang pergi ke sungai baik sungai Kuantan maupun sungai kecil-kecil untuk mandi. " Terpaksa mandi di sungai apalagi dekat,"ujar Yanti warga Senambek Kelurahan Sungai Jering Teluk Kuantan. Ganguan jaringan juga menganggu aktifitas perkualihan dan belajar mengajar, terutama yang hendak mengoperasikan internet. Para mahasiswa dan pelajar banyak yang pergi ke Warnet yang masih hidup dengan menggunakan genset untuk mencari berbagai keperluan. " Warnet full, tidak hanya mahasiswa, pelajar dan warga umum namun juga orang kantor yang sekedar ingin memprint tugas mereka,"ujar Adhari pemilik Global Warnet. Besarnya dampak dari gangguan jaringan listrik ini membuat warga berharap pihak PLN segera memperbaikiki kerusakan yang terjadi.

Sementara itu Kepala PLN Ranting Teluk Kuantan, Darwin menyatakan, sejauh ini pihaknya masih melakukan perbaikan transmisi yang rusak di sekitar Kiliran Jao Sumatera Barat. Bahkan Darwin mengaku saat diwawancarai sedang berada di lokasi kerusakan untuk memantau dan mendukung secara langsung kerusakan yang terjadi. " Gangguan pasokan terjadi akibat rubunya tiang transmisi atau tower, sekarang lagi diperbaiki. Kita targetkan Selasa sore sudah bisa dirampungkan, ini masalah medan yang cukup berat,"ujar Darwin. Pihak PLN sebut Darwin sangat menyadari gangguan yang terjadi memberikan dampak yang luas. Walaupun terjadi di Kiliran Jao Sumbar namun menjadi jaringan pemasok listrik ke Riau khususnya Kuansing. Untuk itu dirinya berharap masyarakat bersabar dan pihaknya sedang berusaha sekuat tenaga untuk melakukan perbaikan agar listrik kembali menyala. ( isa )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.