Afri, SP. ( ktc )

Kenal Lebih Dekat Dengan Calon DPD RI Afri Nomor Urut Dua

18 Tahun Jadi PNS, Akhirnya Memilih Maju Jadi Wakil Rakyat

Senin,24 Maret 2014 - 10:39:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak

 TELUK KUANTAN-Mungkin sudah hampir seluruh Kabupaten/kota di Riau fhoto wajah calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Perwakilan Riau nomor urut 2 (dua) Afri, SP terpampang mulai ditengah ibukota Kabupaten/kota maupun di Kecamatan dan desa-desa di 12 Kabupaten/kota di Riau.

Siapa Afri, SP sebenarnya ?, mungkin banyak masyarakat yang bertanya-tanya di Provinsi Riau ini. Afri, SP merupakan salah satu putra terbaik di Kabupaten Kuansing dan umumnya di Provinsi Riau. Afri lahir disebuah desa kecil di Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Lahir didesa Pantai Lubuk Ramo, Kecamatan Kuantan Mudik tahun 1964 silam, Afri dulunya bersekolah di SDN Lubuk Ramo yang dulunya masih Kabupaten Indragiri Hulu sebelum dilakukan pemekaran menjadi Kabupaten Kuansing.

Setelah menamatkan SDN di Lubuk Ramo Kuantan Mudik, dirinya melanjutkan sekolah di SMPN 1 Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik dan setelah tamat langsung bersekolah di SPMA kota Padang, Provinsi Sumatra Barat. Setelah menamatkan sekolahnya, dirinya kuliah disalah satu universitas terkemuka di Provinsi Riau yakni Universitas Lancang Kuning di daerah Rumbai Pekanbaru, dengan mengambil jurusan pertanian.Afri merupakan dari sekian banyak alumni yang telah dicetak oleh Universitas Lancang Kuning dan dirinya merupakan alumni dari Universitas Lancang Kuning Pekanbaru.

Usai menamatkan kuliah dan meraih titel sarjana (S1) di Lancang Kuning, pada tahun 1985 dirinya diangkat sebagai PNS di Dinas pertanian tanaman pangan Kabupaten Indragiri Hilir. Mengawali karis kepegawaiannya selama tahun 1985-1990 menjadi PPL tanaman pangan di Inhil. Kemudian pada tahun 1990-2000, berkat prestasinya dirinya diangkat sebagai Kacab Dinas pertanian di Inhil. Afri tinggal di Indragiri Hilir hampir 15 tahun, dan hampir seluruh pejabat dan petani dimasa itu tidak ada yang tidak kenal dengan dirinya karena memang sehari-hari bekerja dilapangan meningkatkan pertanian di Kabupaten Inhil ini.

"Saya lama di Inhil, tamat kuliah saya diterima di Kabupaten Inhil menjadi PNS ditempatkan di Dinas pertanian Inhil sesuai dengan titel sarjana yang saya miliki,"kata Afri saat bincang-bincang dikantor DPRD Kuansing Minggu lalu. Pada tahun 2000, dirinya pulang kekampung halaman di Kabupaten Kuansing yang saat itu baru saja dilakukan pemekaran dari kabupaten induk Indragiri Hulu. Pada tahun 2000-2003 diangkat menjadi Kacab pertanian di Kuansing.

Setelah menjabat sebagai Kacab pertanian di Kuansing, akhirnya pada tahun 2003 dirinya mengundurkan diri menjadi PNS dan memilih menjadi ketua salah satu Parpol di Kuansing. Pada Pemilu tahun 2004 dirinya ikut mencalonkan diri menjadi wakil rakyat dari Dapil Kuantan Mudik lama, dan terpilih dipercaya masyarakat Kuantan Mudik menjadi anggota DPRD Kuansing periode 2004-2009 dan dipercaya menjadi Ketua Komisi A DPRD Kuansing. Pada Pemilu tahun 2009 dirinya kembali mencalonkan diri di dapil yang sama, juga terpilih menjadi anggota DPRD dan sampai sekarang masih aktif menjadi anggota DPRD Kuansing menjabat sebagai ketua Komisi A di DPRD Kuansing.

Bahkan politisi yang sudah dua periode duduk menjadi wakil rakyat ini, selalu kritis dan vokal menyuarakan aspirasi masyarakat. Pada Pemilu tahun 2014 ini, dirinya kembali maju, tapi bukan maju menjadi caleg DPRD, akan tetapi maju menjadi Calon DPD RI untuk perwakilan masyarakat Riau di Jakarta nantinya. Dikancah politik karirnya memang sudah tidak diragukan lagi, selain dekat dengan masyarakat, keramahan calon DPD nomor urut dua (2) ini yang membuat masyarakat dekat dengannya.

Kini pria yang juga dikenal orator ulung tersebut bertarung memprebutkan salah satu kursi DPD RI. Jika dirinya berhasil, maka Afri merupakan putra Kuansing kedua yang berhasil duduk menjadi senator di DPD RI di Jakarta setelah Drs Soemardhi Thaher. Dirinya berharap mendapatkan dukungan masyarakat Riau.

"Saya siap memperjuangkan masyarakat Riau di level nasional,"katanya.

Saat ini dirinya terus melakukan sosialisasi keseluruh Kabupaten/kota di Riau, karena untuk bisa duduk di DPD RI nanti harus mampu meraih sedikitnya 150 ribu suara pemilih dari seluruh kabupaten/kota di Riau. Untuk itu dirinya berharap mendapat dukungan dari masyarakat Kuansing dan Riau umumnya.

Ada dua visi dan misi yang diusung calon DPD RI nomor urut 2 (dua) Afri, SP. Pertama dirinya akan memperjuangkan Dana Bagi Hasil (DBH) agar utuh diterima Pemerintah Provinsi Riau dan digunakan untuk kesejateraan masyarakat diseluruh Riau. Kedua dirinya akan mengusulkan agar HGU dan HPH perusahaan yang beroperasi di Riau diukur ulang, karena selama ini luas lahan pada HGU dan HPH dinilai masih tertutup untuk diketahui secara umum.

Apabila nanti luas lahan pada HGU dan HPH berlebih ini harus dikembalikan kepada masyarakat Riau. Juga dirinya akan menyuarakan bagaimana melakukan penertiban penerbitan izin perpanjangan HGU selama ini. Karena selama ini, belum habis izin HGU, sudah ada yang diperpanjang bahkan lamanya puluhan tahun, kapan masyarakat Riau ini bisa mengelola tanah mereka sendiri sementara tanah itu dijadikan HGU dan HPH.

"Dua visi dan misi ini yang menjadi perhatian serius kalau saya terpilih menjadi DPD RI, tentunya dengan harapan dukungan yang diberikan masyarakat Riau kepada saya,"kata Afri, SP yang juga Ketua Komisi A DPRD Kuansing, Jumat (21//20143).(utr )


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT