Mardianto Manan, Anggota DPRD Riau Dan S3 Lingkungan Hidup Yang Merakyat

Mardianto Manan, Anggota DPRD Riau Dan S3 Lingkungan Hidup Yang Merakyat
Mardianto Manan ( duduk ) sebelah kanan

TELUK KUANTAN- Legislator Riau dari Dapil Inhu Kuansing, Mardianto Manan resmi menyandang gelar doktor dengan predikat cum laude denga IPK 4.00 di Universitas Riau (Unri).

Politisi PAN tersebut, berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Strategi Pengelolaan DAS Siak yang Berkelanjutan," dalam Ujian Promosi Terbuka Program Doktor Ilmu Lingkungan Universitas Riau, Kamis (29/7/2021.

Mardianto Manan tak kuasa menahan haru saat dikukuhkan sebagai Doktor di Bidang Ilmu Lingkungan karena disaksikan langsung Sang Ibunda tercinta. Di depan tim penguji, guru besar, serta tamu undangan, Mardianto meneteskan air mata haru begitu memulai pesan dan kesannya.

"Ketika dinyatakan lulus, saya mengucapkan terima kasih kepada ibu saya, saya lihat ibu saya, saya menangis. Pak Aras Mulyadi (Rektor) bilang kalau saya cengeng, tapi saya memang tidak bisa menahan air mata, saya membayangkan ini menjadi hal membanggakan terakhir yang bisa saya persembahkan untuk ibu saya," ujar Dosen UIR itu.

Sebagai Politisi Mardianto Manan juga memberi warna baru sosok wakil rakyat. Ia menjadi jawaban oase atas figur wakil rakyar yang didambakan yakni merakyat, sederhana, peduli dan kuat berjuang untuk menyelesaikan masalah yang dirasakan masyarakat.

Sejak dilantik menggantikan Komperensi, legislator PAN ini sebagian besar waktunya dimanfaatkan bertemu masyarakat, menampung apirasi dan keluhan masyarakat.

Ia lebih banyak dimasyarakat dibanding duduk di gedung dewan dengan berbagai fasilitas.

Anak jati Pangean ini juga tampil berbeda dengan sosok pejabat yang dikenal selama ini. Ia jarang menggunakan baju safari dan PDH layaknya sosok pejabat dan angglta dewan yang dikenal selama ini.

Dengan santai Ia sering memakai kemeja Casual tanpa memakai logo dewan. Sehingga kehadirannya tidak berjarak dan ada perbedaan dengan warga.

" Yang pasti itu Kita akan kembali kemasyarakat. Amanah bisa datang dan pergi. Jangan ada sikap berbeda ketika Kita menjadi pejabat atau dewan,"ujarnya.

Karena itu walau telah menyandang status sebagai anggota DPRD Riau, sosok ini masih melakoni kebiasaan duduk dikedai dikampung dan aktifitas lainya seperti dulu.

Sebagai sosok yang dikenal berani dan vokal Ia memanfatkan amanah wakil rakyatnya yang diembannya berjuang habis-habisan agar Pemprov Riau turun mengatasi pemasalahan yang terjadi di Kuansing dan Inhu seperti masalah kondisi jalan provinsi yang ada dinegeri pacu jalur ini.

Ia sempat protes keras kepada PUPR Riau yang tidak menuntaskan kerusakan jalan yang dikeluhkan warga Kuansing dan Inhu dan dimatanya mereka lebih fokus perbaikan jalan provinsi di Kampar. Padahal ruas jalan provinsi di Kuansing katanya tidak banyak seperti Teluk Kuantan -Cerenti.

" Kalau ruas Teluk Kuantan-Lipat Kain dan Teluk Kuantan-Batas Sumbar jalan nasional,"katanya.

Mereka katanya beralasan alat berat yang dimiliki kurang. Saat itu Ia meminta PUPR Riau mengalokasikan alat berat agar bisa distandbykan di Kuansing. Akhirnya alat berat yang sedang bekerja di Tapung Kabupaten Kampar digeser ke Kuansing.

Sepak terjang Mardianto melakoni amanah wakil rakyat disaluti warganet atau mereka yang aktif dimedia sosial baik face book dan fanpage serta vrup medsos lainnya.

Berikut beberapa komentar positif warganet atau nitizem do facebook terkait kiprah Mardianto Manan. Amanah Teluk Kuantan : Salama ini sy tdak pernah melihat anggota dewan yg langsung mengawas untuk perbaikan jalan, kali ini saya sdh melihatnya. Kakanda Mardianto Manan Politisi PAN turun dilapangan...BERKERINGAT, PANAS2AN.. MAJU TERUS KANDA.. mantap ????????????????

Idris Risen : Cando jet tempur ma pak???? mancadidit loju lari, baru potang raso bapak ka PUPR, kini la diperbaiki lei ????Memang Mantap???? ????sukses selalu pak???? Amrizal Syaputra : Memang Merakyat Pk Dwn awak go. (isa/src)

Berita Lainnya

Index