Kadis Koperasi Industri dan Perdagangan Kuansing, Tarmis, S.Pd, MM. ( ktc )

Pasar KUD Tunas Mukti Bakal Diresmikan Bupati

Selasa,11 Februari 2014 - 04:40:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Pasar  tradisional KUD Tunas Mukti di Desa Sumber Jaya Kecamatan Singingi Hilir, yang dibangun dari dana  Kementrian Perdagangan RI melalui dana dekonsentrasi pada tahun anggaran 2013 lalu telah selesai dibangun. Akan tetapi sejak usai dibangun sampai dengan sekarang masih belum ditempati oleh pengurus koperasi. Pasar tersebut dalam waktu dekat akan diresmikan Bupati Kuansing  H Sukarmis.

 

" Sampai sekarang pasar tradisional telah usai dibangun, hanya tinggal menunggu peresmian pasar oleh Pak Bupati H Sukarmis, berkemungkinan waktu pelaksanaan peresmian bersamaan dengan musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) di Kecamatan Singingi Hilir," ungkap Kadis Koperasi Industri dan Perdagangan Kuansing, H Tarmis, S.Pd, MH saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (11/2/2014) .

 

Menurutnya, Pembangunan pasar tradisional yang berasal dari dana dekonsentrasi tahun anggaran 2013 lalu telah selesai pembangunannya, sedangkan pelaksanaan pembangunan dilakukan secara swakelola oleh pengurus KUD Tunas Mukti (sebagai penerima dana ini), karena dana dari kementrian langsung masuk ke rekening KUD, dan saat ini telah selesai pembangunan pasar tersebut.

 

Pembangunan pasar tradisional berupa kios sebanyak 22 petak dari kementrian perdagangan tersebut , untuk para pedagang (anggota koperasi), dan sampai saat ini pasar tradisional yang dibangun tersebut belum juga ditempati oleh pedagang karena belum diresmikan.

 

" Jadi pedagang anggota KUD Tunas Mukti belum mau menempati kios tersebut, sebelum diresmikan," paparnya.

 

Dijelaskannya, pembangunan pasar tradisional KUD Tunas MUkti desa Sumber Jaya meraup dana sebanyak Rp. 900 Juta lebih atau kurang dari Rp. 1 Milyar.

 

Sedangkan soal KUD Tunas Mukti yang memperoleh dana pembangunan pasar tersebut, karena hanya KUD itu yang telah memenui syarat yang ditetapkan kementrian, dan sebagai KUD yang cukup eksis maka diusulkan Diskopindag Kuansing. KUD Tunas Mukti merupakan mitra kerjasama dari perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Surya Agrolika Reksa ( SAR ) yang bergerak dalam bidang penyediaan swalayan, pendistribusian pupuk dan aneka kebuutuhan masyarakat lainnya.

" Kita harapkan KUD Tunas Mukti nantinya mampu mengelola pasar, sehingga menjadi pusat dan sentra pedagangan barang dan jasa yang baik di desa ini," pungkasnya.( isa )

 

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT