Penyadaran Anak Bangsa Melalui Tujuan Hidup

Rabu,18 September 2012 - 01:52:00 WIB
Share Tweet Google +

Tujuan hidup adalah keyakinan moral yang akan mengendalikan kehidupan kita kemasa yang akan datang sehingga dengan hadirnya tujuan hidup yang kita dapat rasakan dan kita milki akan mempola pikir kita dan prilaku kita dalam setiap rencana yang akan kita tuju dengan segala usaha bahkan menjadikan otak kita ingat selalu akan tujuan kita sehingga ada motivasi untuk melakukannya.

Kehidupan yang kita jalani jika mempunyai tujuan hidup yang sudah jelas maka akan tertuntun dari perkataan, perbuatan, dan dalam mengambil keputusan sehingga kadang kita tidak menyangka akan diri kita itulah yang disebut kekayaan diri kita yang memberikan sebuah kepuasan terhadap diri kita karena semuanya sudah terencana dengan baik sehingga kita tidak membuang-buang waktu dengan mempergunakannya sebaik mungkin untuk menuju tujuan yang kita inginkan itu.

Dalam mengarungi hidup manusia tidak lepas dari perkembangan baik perkembangan fisik yang ditandai dengan membesarnya tubuh kita dari waktu kita masih bayi sampai kita tua tentunya mengalami sebuah perkembangan lebih-lebihnya perkembangan jiwa atau rohani. Beragamnya kehidupan yang kita lalui membuat kita semakin mengetahui kehidupan dengan ragamnya yang dilalui oleh masing-masing seseorang ada yang mengalami kehidupan yang begitu sulit sehingga membuat dirinya harus betul-betul serius dan penuh kehati-hatian dalam menjalaninya agar tidak terhimpit dari keadaan yang menimpanya ada pula yang menjalani dengan sangat mudah sehingga kadang mereka lupa terhadap masa kesulitan yang ia hadapi sehingga menghadapi hidup dengan cara yang glamor, Begitulah hidup didunia ini.

Dalam perkembangan kehidupan setiap manusia tentunya mempunyai tujuan hidup tersendiri hal ini biasanya seiring dengan keinginan dan cita-cita yang mereka impikan. Misalkan seorang petani tentunya akan menginginkan hasil taninya melimpah sehingga dia dapat naik haji sehingga keinginan keinginannya tercapai dan kisah lainnya. Maka dari itu tujuan hidup sangat diperlukan untuk mengetahui kadar ahir usahanya sampai dimana. Orang yang hidup seribu tahun tentunya tujuan hidupnya lain dengan orang yang hanya hidup lima puluh tahun begitu pula dengan orang yang kaya dengan orang yang miskin tidak sama tujuan hidupnya. Orang kaya menginginkan tujuan hidupnya seperti mempunyai pangkat yang tinggi dan terkenal dimasyarakat dan harta yang melimpah sampai tujuh turunan, dan kalau orang miskin hanya menginginkan kekayaan dan kesenangan belaka.

Berikut langkah-langkah yang harus kita perhatikan dalam menentukan hidup kita, adalah sebagai berikut.

1. Kita harus mengenal kita diri sendiri. Banyak orang tidak tahu akan dirinya dengan cara siapa anda? Apa yang anda senangi dan keinginan anda serta apa yang anda benci? Maka dengan cara mengetahui diri anda sendiri akan tertuntun hidup anda untuk mempunyai tujuan hidup.

2. Kita harus tau ahir hidup perjalanan kita. Nah kalau sudah tau diri anda sendiri sekarang anda harus mengatahui batas ahir perjalanan hidup anda hal ini berkenaan dengan dunia yang anda inginkan. Misalnya jabatan yang anda inginkan, pasangan yang anda inginkan dan lain-lainya.

3. Menggunakan akal dan hati kita. Yang terahir untuk menentukan hidup anda perlu parbandingan yang kuat maka dari itu akal dan hatilah yang menjadi pembanding karena keduanya adalah ciptaan Tuhan yang luar biasa untuk menuntun kehidupan anda.

Namun perlu diketahui bahwa tujuan hidup itu identik dengan sasaran. Orang yang mempunyai sasaran yang tinggi tentu memiliki motivasi dan usaha yang luar biasa juga untuk bisa mengenak pada sasaran itu dan orang yang rendah sasarannya mereka akan memilki motivasi yang lemah pula dan usahanya tentu tidaklah sebesar orang yang memiliki sasaran yang besar mereka santai-santai saja untuk menggapainya dan penuh kelalaian. Tanpa sasaran hidup akan kehilangan semangat juang dan menjadikan ia lemah dan malas melakukan sesuatu sehingga ada dalam keadaan yang diam sehingga kadang orang seperti inilah yang terpuruk hidupnya tidak mau maju dan berubah akan kehidupan yang lebih baik.

Oleh karena itu tujuan hidup atau sasaran hidup sangat diperlukan untuk menentukan masa depannya yang lebih cerah dan sebagai seorang anak bangsa yang baik maka kalian harus mempunyai tujuan hidup kalian karena perjalanan kalian masih panjang untuk merubah bangsa ini menjadi bangsa ideal yang diimpikan masyarakatnya. Mulailah hidup dengan tujuan yang kalian inginkan.(kompasiana)

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT