Sekda Provinsi Riau, Zaini Ismail. ( halloriau.com/ktc )

Mengemban Amanah Demi Kemajuan Riau Baru

Minggu,15 Juni 2013 - 02:34:00 WIB
Share Tweet Google +

PEKANBARU - Kekosongan jabatan Sekdaprov Riau selama Dua bulan lebih pasca pensiunnya Wan Syamsir Yus pada 1 April lalu, akhirnya kini sudah kembali terisi. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Zaini Ismail akhirnya dipercaya mengisi kursi orang nomor satu di birokrat tersebut.

Pengangkatan Zaini Ismail sebagai Sekdaprov Riau ini tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 58/M/2013 tertanggal 5 Juni 2013, yang dibacakan dalam proses pelantikan yang berlangsung sakral, Kamis (13/6/2013) di gedung daerah Provinsi Riau Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Zaini diambil sumpah jabatan langsung oleh Gubernur Riau, HM Rusli Zainal, dengan disaksikan Wakil Gubernur HR Mambang Mit Bupati/Walikota serta sejumlah Pejabat dilingkungan Pemprov Riau dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FOrkompinda) Riau.

"Alhamdulilah pada hari ini, ditengah kekosongan jabatan sekda yang hampir 2 bulan 12 hari, berdasarkan keputusan Presiden, akhirnya kekosongan tersebut terisi juga, dan saya juga mengharapkan dengan adanya Sekda yang baru ini dapat berjalan dengan baik,"ungkap Gubernur Riau, HM Rusli Zainal.

Menurut Gubri, penunjukkan Zaini sebagai Sekda Riau membutuhkan waktu yang cukup pnjang. Pasalnya, usulan tiga nama sebagai calon sekdaprov Riau itu sudah diusulkan sejak November 2012 lalu.

"Jabatan tersebut sangat penting untuk menjalankan anggaran. Karena Sekda adalah pengguna anggaran, maka dari itu kehati- hatian menjadi prioritas pemilihan. Kita telah kirim tiga calon birokrat yang berpengalaman," jelas Gubri.

Kepada Sekda yang baru, Gubri berharap agar dapat menjalankan tugas dengan baik. "Jabatan  Sekda yang diemban oleh pak Zaini adalah tugas dan amanah yang harus dijalankan dengan baik serta perlu kejujuran,"kata Gubri.

Selain itu, Gubri juga mengharapkan Zaini dapat mengamankan kepentingan tugas Pemerintah. Karena, sejatinya Sekda itu memiliki tugas untuk membantu kepala daerah untuk menyusun kebijakan pemerintah bersama-sama dengan SKPD dan melakukan pembinaan kepada Pegawai Negeri Sipil.

"Sekda merupakan Top manajer bagi kepala daerah lainnya, Selain itu, Sekda bukan jabatan teknis saja, tetapi lebih lagi menjadi jabatan manajerial. Bagaimana kita memanajemen tugas agar tercapai target yang diharapkan, seperti mimpi kita mewujudkan Riau baru" jelasnya.

Dikatakannya lagi, diharapkan segala kendala akibat kekosongan jabatan Sekdaprov ini, dapat diselesaikan. Apalagi, penantian proses penetapan Sekdaprov Riau sudah memakan waktu berbulan-bulan.

"Tinggal barangkali, bagaimana saudara Sekda yang baru, mudah-mudahan dapat efektif melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Kemudian dapat juga menyelenggarakan semua koordinasi yang baik antara SKPD, demikian juga dengan DPRD dan sebagainya. Sehingga Insya Allah, mudah-mudahan apa yang kita harapkan dapat berjalan dengan baik,"tutur Gubri.

Langkah prioritas yang harus dilakukan Sekdaprov baru kata Gubri, sebagai pembantu Gubernur maka Sekdaprov harus menginventarisasi program-program yang menjadi utama.

Selain itu, juga dapat menggerakkan semua asisten-asisten pembantu untuk mengkoordinasikan Tupoksi dari masing-masing SKPD.



"Disamping itu, tentu juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang ada di Sekretariat daerah. Baik itu menyangkut pelayanan masyarakat dan kepentingan lainnya misalanya menyangkut Pemilu, KPU, Bawaslu dan berbagai organisasi sosial kemasyarakatan dan rumah ibadah,"ulasnya.

Gubri meminta Sekdaprov Riau yang baru untuk memastikan semua program itu dapat berjalan sebagaimana mestinya dan bertanggungjawab. Termasuk juga realisasi fisik dan keuangan APBD Riau, yang tentunya berdasarkan akuntabilitas.

Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit juga memberikan ucapan selamat kepada Sekda Provinsi Riau yang baru dilantik. Wagubri juga mengharapka sempat terjadinya kekosongan Sekda dengan adanya sekda yang baru memberikan wanti-wanti Sekdaprov baru agar mengorganisasi Pemprov Riau dan dapat bekerjasama dengan baik.

"Saya berharap kepada Sekdaprov Riau yang baru, intinya itu adalah, bagaimana bisa bekerjasama dengan baik. Harus berkoordinasi secara baik,"terangnya

Selain itu kata Wagubri, Sekdaprov yang baru harus mampu memilih program prioritas apa saja yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Sedangkan yang tidak prioritas, tetap dilaksanakan sesuai dengan kondisi yang ada.

"Kemudian, ikutilah peraturan perundangan yang berlaku dengan baik. Hindarkanlah hal-hal yang diluar daripada peraturan dan perundangan yang berlaku,"sebut Wagubri.

Lebih jauh Wagubri memaparkan, dengan telah dilantiknya Sekdaprov ini, maka secara organisatoris Pemprov Riau sudah benar dan lengkap."Sehingga distorsi yang terjadi, kejanggalan-kejanggalan yang terjadi secara organisatoris dengan adanya Sekdaprov, itu menjadi hilang,"jelasnya.

Oleh karena itu Wagubri berharap, ke depannya penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Kemudian, terjadinya kekosongan jabatan Sekdaprov selama ini, jangan sampai terulang kembali.

Selain itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau yang baru Zaini Ismail, berjanji siap melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik. Terutama, dalam mengamankan dan mendukung seluruh program kerja dan kebijakan dari Gubernur Riau HM Rusli Zainal.



Hal ini sampaikan Zaini Ismail usai diambil sumpahnya dan dilantik menjadi Sekdaprov Riau menggantikan posisi H Wan Syamsir Yus, yang sudah pensiun sejak tanggal 1 April 2013 lalu.

"Prioritas pertama saya tentunya akan mengamankan segala kebijakan pimpinan, baik yang sedang, akan dan telah dilaksanakan. Itu dulu. Apa yang menjadi target, apa yang menjadi pokok dari Bapak Gubernur,"tegasnya, di Gedung Daerah.

Terkait realisasi APBD Riau 2013 yang sejauh ini masih 13 persen dan belum mencapai target?Zaini optimis, jika pencapaiannya akan bisa terwujud menjelang akhir tahun. Apalagi, sebagian dari kegiatan itu sudah ada pada tahap penandatanganan kontrak dan tinggal hanya pelaksanaannya saja.

"Semua Satker kita minta supaya ini (kegiatan) dapat digesa, semua program kegiatan yang sudah ditetapkan ini, bagaimana pada akhirnya nanti, semuanya terselesaikan. Tidak ada kendala dan sesuai dengan aturan yang berlaku,"sebutnya.

Pada kesempatan itu, Zaini juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Mendagri Gamawan Fauzi dan Gubernur Riau HM Rusli Zainal, yang telah memberikan amanah dan kepercayaan sebagai Sekdaprov.

"Mudah-mudahan, amanah  dan kepercayaan ini, dapat saya laksanakan dengan sebaik-baiknya. Tentunya tidak terlepas, dukungan semua pihak dan masyarakat,"tutur Zaini.(adv/yan)


Wako Pekanbaru Sebut Zaini Sahabat Karib


Pelantikan Zaini Ismail sebagai Sekdaprov Riau Definitif mendapat apresiasi dan  perhatian semua pihak. Tak Terkecuali Walikota Pekanbaru, Firdaus MT yang menyebut Zaini sebagai sahabat karibnya.

"Selamat saya ucapkan kepada sahabat saya, Dia sahabat Karib saya, akhirnya dilantik juga menjadi Sekretaris Daerah Provinsi Riau," ujar Firdaus.
 
Menurut Firdaus, dengan dilantiknya Sekdaprov yang baru, roda pemerintahan terutama di sekretariat  Kantor Gubernur akan berjalan lancar dan baik. Bahkan ia berharap hubungan baik antara Pemerintah Kota Pekanbaru dengan Pemerintah Provinsi mencair. Di buktikan dengan lancarnya segala urusan kesekretariatan Kota Pekanbaru ke Pemerintah Provinsi Riau.

"Dibawah kepemimpinan  Zaini Ismail nanti kita yakin urusan kesekretariatan Gubernur akan berjalan lancar dan lebih baik, dan tolong dong laporan kami cepat-cepat di proses," ucapnya.

Dijelaskan Firdaus, tergantungnya posisi Sekdaprov di Kemendagri sejak dua bulan lalu, berimbas tertundanya pembahasan usulan Sekretaris Kota Pekanbaru. Pasanya, tiga nama Calon Sekko Pekanbaru yang di usulkan oleh Walikota Pekanbaru sejak April lalu hingga kini belum juga di proses untuk di usulkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk di Fit and Proper Test.(adv/yan)



BIODATA

Nama   : Drs Zaini Ismail MSi

TTL       : Kuala Gaung, 21 Januari 1960

Agama  : Islam

Alamat  : Jalan Rawamangun RT/RW : 02/13

Istri      : Lizayati

Anak    :

  1.  Vany zuhrautami (20 Tahun)
  2.  M.Fadillah (13 Tahun)
  3.  M.Fahrul Rafi(9Tahun)

TMT Dinas : 01 april 1980

Riwayat Pekerjaan :
  1. Manpol pamong praja kecamatan sail pekanbaru (1987)
  2. Sekidcam Kuindra (1991)
  3. Plt Camat Kuindra (1992)
  4. Sekretsris Wilayah Kecamatan Tembilahan (1992)
  5. Pj Kepala Perwakilan Wilayah Kec.Rengat Kab. Inhu       (1993)
  6. Camat Rengat Barat Kab.Inhu (1996)
  7. Pj kabag ketertiban kab Inhu (1996)
  8. Camat Pangkalan Kuras Kab Kampar (1997)
  9. Pj. Kepala dina pendapatan Kab. Pelelawan (2000)
  10. Pj. Kepala Badan Kesbangpol Kab Pelelawan (2002)
  11. Kepala Biro Ekbang Setda Prov Riau (2004)
  12. Kepala Biro Kesra Setda Prov Riau (2006)
  13. Kepala BKD Riau (2008)
  14. Kepala Dinas Sosial Prov Riau (2010)
  15. Kepala BKD Prov Riau (2012)

Sumber : halloriau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT