Kaum ibu sedang membawa Sisampek. ( sk/ktc )

SMAN Pintar Kembangkan Tari Sisampek

Minggu,04 Mei 2013 - 12:47:00 WIB
Share Tweet Google +


TELUK KUANTAN  - Dalam upaya  mengangkat dan mengembangkan salah satu tradisi asli masyarakat Kuasing, , SMAN Pintar Kuantan Singingi akan mengembangkan tarian sisampek.

Sisampek merupakan sebuah wadah dengan bentuk bulat lonjong ke atas yang terbuat dari rangka bambu atau batang pisang dan dihiasi dengan bunga-bunga yang ditusuk lidi dan diselipkan kue atau panganan kecil. Sisampek diarak oleh kaum wanita dalam setiap acara penting, seperti khatam qur'an, sunatan rasul, maupun pesta rakyat lainnya.

"Setiap ada pesta, ini rutin kita lihat, makanya kita ingin menuangkan tradisi ini dalam bentuk tari," kata Kepala SMAN Kuansing, Familus SPd dalam rilisnya kepada wartawan, Selasa lalu.

Tari sisampek ini berhasil keluar sebagai juara ketiga pada parade tari tingkat kabupaten tahun 2013 ini, yang dikembangkan oleh Sanggar Seraja Kuantan dengan penata tari Yeyen Febrina SSn dan penata musik Ronaldo Rozalino SSn. "Alhamdulillah, karya tari budaya daerah Kuansing meraih juara tiga di tingkat kabupaten," syukur Familus.

Sementara itu, Yeyen Febrina menambahkan, dirinya bertekad akan terus mengembangkan tarian ini. Sebagai Ia berharap dukungan dari civitas akademika di sekolah ini. "Tarian ini sangat bagus dan ini harus terus kita kembangkan," kata Yeyen yang merupakan seorang penata tari Sisampek yang sudah berpengalaman di tingkat nasional dan internasional dalam menari dan berkarya. ( isa  )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT