Bupati H Mursini disalami Presiden Jokowi usai menerima Adipura. ( rls )

Advetorial Pemkab Kuantan Singingi

16 Tahun Puasa, 2017 Adipura Berlabuh di Kuansing

Jumat,03 Agustus 2017 - 03:40:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Hari Rabu ( 2/8/2017) merupakan salah satu hari bersejarah bagi kabupaten Kuantan Singingi. Diumur yang ke-17, Teluk Kuantan sebagai ibukota kabupaten pemekaran dari kabupaten Indragiri Hulu ini menerima penghargaan Adipura atau kota terbersih untuk kategori kota kecil.

teks fhoto : Bupati H Mursini menerima penghargaan Adipura dari Menko Perekonomian, Darmin Nasution.

Bupati Kuantan Singingi, Drs, H Mursini, M.Si menerima langsung penghargaan Adipura dari Menteri Perekonomian Republik Indonesia, Professor Darmin Nasution di Plaza Ir Soejono Manggala Wanabakti Jakarta. Usai  diserahkan Menteri Perekonomian yang didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr Siti Nurbaya, Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo yang hadir saat itu langsung memberikan ucapan selamat kepada Bupati Mursini dan kepala daerah lainnya yang menerima penghargaan serupa. Turut hadir menyaksikan penyerahan penghargaan Adipura tahun 2017, Menteri Kabinet Kerja dan Gubernur Riau, Drs H Arsjad Juliandi Rachman, MBA. Penyerahan sempena peringatan hari lingkungan hidup se-dunia tahun 2017.

Orang nomor satu di Kuantan Singingi tersebut terlihat sangat sumringah dan berbahagia menerima penghargaan Adipura dari orang nomor satu  di Indonesia sebagai bukti keberhasilan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi mengelola kebersihan kota Teluk Kuantan ibukota kabupaten Kuantan Singingi.

Teks fhoto : Bupati H Mursini bersama penghargaan Adipura.

Sebelum ditetapkan sebagai penerima penghargaan Adipura tahun 2017, Bupati Mursini dan kepala organisasi perangkat daerah “ OPD ) menggelar ekposes dihadapan tim penilai Adipura Tahun 2017 di hotel Sultan Jakarta tanggal 9 Juni 2017 lalu. Selain kabupaten Kuantan Singingi terdapat kepala daerah wakil kepala daerah dari 128 kabupaten dan kota se-Indonesia yang memaparkan presentase guna bersaing meraih penghargaan ini.

Saat itu Bupati Mursini yang didampingi Wakil Bupati, H Halim dan kepala OPD menggelar ekpose selama 60 menit yang dilanjutkan wawancara dengan Dewan Pertimbangan Adipura, Ahli Sampah dan Ahli Pemasaran yang ditaja Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan  Dirjend Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya

Untuk meyakinkan dewan pertimbangan Adipura, Bupati Mursini memaparkan gambaran umum Kuansing. Visi geo strategis Kuansing. Visi dan Misi Kuansing. Visi dan Misi Kuansing terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup Kuansing. Kebijakan dan program implementasi pembangunan berkelanjutan Kuansing dan pembangunan lingkungan hidup. 

Teks fhoto : Bupati H Mursini bersama keluarga besar Dinas Lingkungan Hidup Kuansing.

Kemudian isu-isu lingkungan di Kuansing. Kebijakan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Kuansing. Kebijakan pengendalian kerusakan akibat penambangan.  Untuk kebijakan dan program kegiatan pengelolaan lingkungan hidup katanya akan dipaparkan arah kebijakan lingkungan hidup Kuansing. Seperti kegiatan pengelolaan persampahan, anggaran dan permasalahan pengelolaan persampahan dan juga prestasi yang dicapai. 

Seterusnya  Bupati akan memaparkan program inovasi  bidang lingkungan yang sudah dilakukan. Sepert Waste to energi atau program biogas terhadap kelompok peternak sapi di desa Pangkalan Indarung. Waste resource atau program UPPO atau unit pengelolaan pupuk organik oleh  3 kelompok. Pelestarian keanekaragaman hayati lubuk larangan Pangkalan Indarung dan danau Sungai Soriak. Keanekaragaman hayati  hutan adat Teratak Air Hitam serta Green transportation atau penyediaan layanan angkuatan umum murah ( Damri ).

Seterususnya energi biru atau  program penyediaan PLTS di desa Pangkalan Indarung dan kampung iklim di desa kreatif Tanjung Medang, Pangkalan Indarung, Muara Lembu, Petapahan dan Teratak Air Hitam. Kelompok organik atau kelompok tani Beja Cemerlang. Program sustainable city berupa  program water front city,  program green city, program kampung iklim dan eco office.

Teks fhoto : Bupati H Mursini bersama Gubri Arsyadjuliandi Rachman.

Terakhir dibeberkan pula penghargaan bidang lingkungan yang pernah diraih Kuansing.  Sertifikat Adipura tahun  2015. Kota terbersih Riau tahun 2004 dan 2011. Lima kali mendapat opini WTP dari BPK.  Adiwiyata Mandiri SMKN 2 Teluk Kuantan. Penghargaan Kalpataru hutan adat Teratak Air Hitam tahun  2004. Sertifikat Kalpatru lubuk larangan Pangkalan Indarung tahun 2005. Kalpataru tingkat provinsi Riau. Sertifikat Proklim yang diraih pos Yandu Permata Bunda kelurahan Muara Lembu tahun 2016. Terbaik kedua SLHD Riau tahun 2014 dan terbaik ketiga SLHD Riau tahun 2015.

Bupati Mursini didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kuantan Singingi, Jafrinaldi, AP, M.Ip atas diraihnya penghargaan Adipura mengucapkan terimakasih kepada seluruh OPD, petugas kebersihan dan seluruh masyarakat yang mendukung program-program pemerintah daerah dibidang pengelolaan kebersihan.

Sementara itu Jafrinaldi menambahkan, keberhasilan meraijlh Adipura merupakan buah perjuangan panjang sejak kabupaten berdiri hingga saat ini. Setahap demi tahap berbagai keberhasilan diraih sebelum puncaknya Adipura. (adv )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT