Ikan mati diduga akibat limba yang ditemukan warga desa Muara Tiu Makmur kec. Pucuk Rantau. ( ktc )

Diduga Akibat Limbah, Ribuan Ikan Mati di Kawasan Pucuk Rantau

Senin,19 September 2016 - 04:03:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN – Diduga akibat pencemaran limbah perusahaan yang beroperasi di kecamatan Pucuk Rantau,  warga menemukan ribuan ikan mati di sungai Tiu.

“ Kita mendapatkan laporan dari Sekdes Muara Tiu Makmur warga menemukan ikan mati di sungai Tiu, Minggu ( 18/9/2016 ),”ujar anggota DPRD Kuansing Dapil IV, Andi Cahyadi kepada wartawan, Senin ( 19/9/2016 ) siang.

“ Kejadiannya usai hari hujan lebat hari Minggu, kemungkinan ada perusahaan yang membuang limbah memanfaatkan hari hujan yang sering terjadi,”ujarnya menambahkan.

Saat ini kata Andi Cahyadi, warga sudah mengambil sampel air dan ikan yang mati diduga akibat limbah  tersebut. “ Sudah disimpan dan juga didokumentasikan ikan-ikan yang mati tersebut,”ujarnya.

Menurutnya sinyalemen terjadi pencemaran limbah juga karena adanya karywan PT. TBS yang meninggal dunia akibat tenggelam. “ Yang meninggal dunia itu kan ingin menangkap ikan yang mengapung di sungai akibat mabuk oleh limbah, karena tidak bisa berenang ya tenggelam dan meninggal dunia,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hiduo ( BLH ) Kuansing, Japrinaldi, AP berjanji akan menurunkan staf untuk turun ke lapangan mengambil sampel ikan dan air yang sudah diamankan warga.

“ Kita akan periksa di laborattorium apakah terjadi pencemaran atau tidak, yang jelas kalau ada pencemaran limba tentu ada sangsi bagi perusahaan yang melakukannya,”tutup Japrinaldi. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT