Menlu AS, Jonh Kerry. ( fhoto : detik.com )

Saat Menlu AS Ucapkan Pepatah dalam Bahasa Indonesia

Minggu,16 Februari 2014 - 10:55:00 WIB
Share Tweet Google +

JAKARTA  - Menlu Amerika Serikat John Kerry bicara tentang perubahan iklim dan dampaknya pada perekonomian. Dengan mengambil kutipan pepatah berbahasa Indonesia, Kerry menunjukkan perubahan iklim lebih dari sekedar masalah lingkungan.

"You have a saying in Indonesia, 'Luka di kaki, sakit seluruh badan," kata Kerry dengan bahasa Indonesia yang cukup lancar dan disambut dengan tepuk tangan dari para hadirin.

Hal tersebut ia sampaikan dalam pidato tentang perubahan iklim di @america, Pacific Place, Jakarta Selatan, Minggu (16/2/2014). Acara tersebut dihadiri mayoritas oleh mahasiswa dari Universitas Trisakti, Universitas Atmajaya, IPB, dan Surya Institute.

Lewat pepatah tersebut, Kerry ingin menegaskan, semua hal di dunia ini berkaitan termasuk perubahan iklim. Ia mengambil contoh tentang dampak dari perubahan iklim yaitu gelombang panas dan kekurangan air.

Hal tersebut akan mempersulit petani dalam menanam bahan pangan seperti jagung, gandum dan padi. Itu bukan hanya akan merugikan para petani, namun juga jutaan jiwa yang bergantung pada hasil tanamnya.

"Ancaman perubahan iklim adalah senjata pemusnah massa yang paling luas," kata Kerry yang dilantik sebagai Menlu sejak 1 Februari 2013 ini.

Kerry menceritakan pengalamannya saat berada Filipina setelah topan Haiyan melanda. Ia melihat kerusakan yang lebih hebat daripada kerusakan akibat perang.

Kerry juga menyoroti dampak perekonomian akibat bencana. Pria berusia 70 tahun ini mengajak semua pihak untuk bersama-sama bertindak menangani perubahan iklim.

"Sudah saatnya kita hadapi dengan kerjasama dan komitmen," kata Kerry.( sumber : detik.com )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT