Kadis Perikanan Kuansing, Ir. Emmerson saat menyerahkan bantuan bagi 14 Koptan. ( ktc )

Petani Ikan di Kuansing Terima Bantuan Rp910 Juta

Selasa,27 Agustus 2013 - 08:58:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN  - Para petani ikan di Kuansing yang tergabung dalam 14 kelompok tani ( Koptan ) menerima bantuan Rp910 Juta. Masing-masing Koptan menerima bantuan sebesar Rp65 juta.
Bantuan bagi 14 Koptan itu diserahkan Bupati H Sukarmis melalui Kadis Perikanan Kuansing, Ir Emmerson, Selasa (27/8) kemaren di  Wisma Hasanah Teluk Kuantan. Bantuan ini berasal dari program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan Perikanan Budidaya (PUMP-PBB) tahun 2013 dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI. Melalui bantuan ini diharap mengembangkan serta meningkatkan produktivitas ikan di Indonesia. Sebelum menerima bantuan, Dinas Periknan terlebih dahulu melakukan verfikasi langsung ke masing-masing Koptan.
14 Koptan yang menerima bantuan tersebut masing-masing Koptan Lel Bersatu dari Desa Sako Pangean, Sejahtera Bersama dari Desa Sungai Langsat Pangean, Mina Batuah dari Desa Sako Pangean, dan Sentra Binjai dari Desa Rawang Binjai Pangean. Kemudian, Koptan Binti Mandi dari Pulau Kijang Kuantan Hilir, Tigo Muaro dari Desa Kampung Baru Inuman, Soriak Mandiri I dan II dari Desa Seberang Taluk Hilir, Kecamatan Kuantan Tengah.
Selanjutnya, Koptan Rimtakop Sepakat dari Desa Pebaun Hulu Kecamatan Kuantan Mudik, Sikuran Jaya dari Desa Bedeng Sikuran Inumman, Rao-rao dari Desa Kampung Bari Sentajo Raya, Pincuran Betung dari Desa Koto Cerenti, Batang Kanca Jaya dari Desa Tebarau Panjang Gunung Toar dan Mina Mandiri dari Kelurahan Sungai Jering Kuantan Tengah.
Sebelum melaksanakan program bantuan tersebut, para petani yang ada dalam 14 Koptan   terlebih dahulu mendapatkan pengetahuan tentang aturan, petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan penggunaan dana Rp910 juta ini. Selain petani, yang dibuka Emmerson, sosialisasi juga diikuti pejabat  Dinas Perikanan, Kepala UPTD Perikanan, Penyuluh Lapangan.
Kadis Perikanan Kuansing, Ir Emmerson usai penyerahan, menyebutkan, bahwa bantuan ini berasal dari pemerintah pusat yang merupakan aspirasi yang disampaikan oleh pihaknya di Pemkab Kuansing, yang didukung oleh Bupati H Sukarmis dan bantuan dari anggota DPR RI asal Riau di pusat.
Emmerson juga mengingatkan, bantuan yang diberikan akan diminta pertangungjawabannya kepada masing-masing Koptan penerima. Oleh karena itu, Ia meminta agar setiap kelompok tani melaksanakan program ini sesuai aturan, petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan.

"Dana ini untuk apa saja digunakan, apabila ini salahgunakan, pertanggungjawabannya petani masing-masing, walaupun dana ini bersama, tapi pertanggungjawan masing-masing. Gunakanlah untuk keperluan kita dalam mengembangkan sektor perikanan dan jangan gunakan pula untuk beli honda dan sebagainya," kata Emmerson.

"Kelompok yang komit di perikanan, tentu akan diberi kesempatan untuk diverifikasi yang memenuhi syarat untuk dapat bantuan ini. Gunakan ini untuk menggerakkan usaha supaya aktif dan meningkatkan usaha, sehingga seluruhnya bisa berhasil," ujarnya menambahkan.( mad )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT