279 Calon Jamaan Haji Kuansing Berangkat 22 Mei 2024

279 Calon Jamaan Haji Kuansing Berangkat 22 Mei 2024
Manasik haji CJH Kuansing rayon I

TELUK KUANTAN--Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Kuansing, Kamis (2/5) melakukan rangkaian kegiatan manasik haji. Seperti yang dilakukan CJH rayon I Kabupaten Kuansing di aula Kemenag Kuansing.

Rencananya sebanyak 279 orang CJH Kabupaten Kuansing berangkat 22 Mei 2024, tergabung pada Kelompok Terbang (Kloter) 11 Embarkasi Batam. 

Hasil pantauan di lapangan antusias CJH Kabupaten Kuansing cukup tinggi. Sejumlah JCH pun sempat bertanya perihal ibadah haji kepada narasumber dari Kemenag Kuansing yakni Kasubag TU H Bakhtiar Saleh.

Sementara Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kuansing H Sarpeli mengatakan tahun ini CJH Kuansing rencana berangkat ke tanah suci tanggal 22 Mei dari Embarkasi Batam.

"Jumlah jamaah kita 279 orang. Jika ditambah PHD dan KBIHU menjadi 281orang," kata Sarpeli, Kamis.kemarin.

Jamaah Kuansing kata Sarpeli, akan diberangkatkan dalam satu kloter yakni kloter 11 Batam. Berbeda dengan tahun sebelumnya, jamaah Kuansing dipisah menjadi tiga kloter.

"Jamaah Kampar dan Kota Pekanbaru gabung dengan Kuansing nantinya," lanjutnya.

Sementara biaya domestik kata Sarpeli, sebagian dibantu oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kuansing sehingga jamaah hanya membayar Rp1,2 juta. Biaya domestik itu digunakan untuk hotel dan transportasi ke Embarkasi Batam.

"Tahun-tahun sebelumnya itu biaya domestiknya tanggung sendiri oleh jamaah," ujarnya.

Masih kata Sarpeli, tahun ini merupakan tahun haji yang ramah terhadap lansia. Pasalnya, jamaah lansia bisa membawa pendamping yang juga sudah mendaftar haji sebelumnya.

"Jumlah jamaah lansia kita 5 persen atau sekitar 10 orang. Alhamdulillah jamaah lansia itu bisa membawa pendamping” jelasnya.

Ia berharap dengan berbagai kemudahan dan kelebihan pelaksanaan haji tahun ini,

para jamaah haji dapat lebih nyaman dan lancar dalam menjalankan ibadah haji.

"Kita berharap jamaah haji Kuansing bisa melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman dan pulang ke tanah air dengan selamat," pungkasnya.( ns )

Berita Lainnya

Index