BJ Habibie. TEMPO/Aditia Noviansyan

Di Kalibata, Habibie Sudah Nyekar, Megawati Besok

Kamis,08 Agustus 2013 - 07:42:00 WIB
Share Tweet Google +

JAKARTA - Tidak beda dengan kebanyakan, mantan presiden RI B.J. Habibie juga melakukan tradisi nyekar usai Salat Ied. Menurut pengakuan seorang petugas Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Habibie tiba pukul 09.00 WIB, Kamis, 8 Agustus 2013.

Datang dengan kawalan voorijder, Habibie langsung masuk ke kompleks pemakaman dengan rombongan berjumlah 6 orang, termasuk beberapa ajudan pengawal. Namun Habibie tidak berapa lama di pemakaman. "Hanya setengah jam," kata Iswani, petugas Kementrian Sosial di TMP Kalibata, Kamis, 8 Agustus 2013.

Menurutnya, Habibie tidak hanya berziarah selepas Salat Ied saja. Presiden RI ke-3 itu masih rutin berziarah ke makam almarhumah istrinya, Ainun Habibie, tiap Jumat.

Sementara itu, setelah dikabarkan akan nyekar selepas Salat Ied, mantan presiden ke-5 Megawati Soekarno Putri dipastikan akan nyekar besok, Jumat. Pengelola TMP Kalibata sudah menerima surat pemberitahuan kalau Megawati akan nyekar pada H+1. "Surat tembusannya sudah datang. Ibu akan nyekar habis Jumatan," jelas Iswani. "Itu tendanya juga sudah siap."

Iswani menunjuk sebuah tenda berwarna putih yang berada di dalam kompleks pemakaman. Sebetulnya tenda itu sudah akan dibongkar, namun karena mendapat kepastian bahwa Megawati akan datang besok, tenda itu batal dibongkar.

Bila pada nyekar-nyekar Idul Fitri sebelumnya Megawati hanya berziarah di makam kedua mertuanya, tahun ini Megawati akan nyekar di tiga makam sekaligus. Suami Megawati, almarhum Taufiq Kiemas, Juni 2013 dimakamkan di TMP Kalibata, bersebelahan dengan makam kedua orangtuanya. ( tempo.co )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

Nasional

Pindahkan Ibukota dari Jakarta, SBY Bentuk Tim Kecil

Sabtu,07 September 2013
Nasional

Mimpi Taufiq Kiemas Menggaet Anak Presiden

Minggu,09 Juni 2013
Nasional

6 Kejahatan Ini Tak Masuk Rancangan KUHP

Sabtu,04 Mei 2013