Mimpi Taufiq Kiemas Menggaet Anak Presiden

Mimpi Taufiq Kiemas Menggaet Anak Presiden
almarhum Taufiq Kiemas bersama Ibu Megawati. ( dtc/ktc )

akarta - Taufiq Kiemas merupakan sosok yang dikenal memiliki tekad kuat di bidang politik. Rupanya sikap yang sama juga dimiliki Taufiq untuk urusan asmara. Dia sudah lama bermimpi untuk bisa mendapatkan Megawati Soekarnoputri, yang saat itu berstatus sebagai anak presiden.

Taufiq pertama kali melihat sosok Megawati saat dia ditahan di rumah tahanan militer Sriwijaya, pada 1966. Taufiq tidak bertemu langsung, melainkan hanya melihat sosok tersebut dari suatu sampul majalah.

Saat itu Megawati masih lajang dan belum menikah dengan suami pertamanya, Letnan (Penerbang) Surindro Suprijarso. Kala itu, Soekarno mulai dilengserkan setelah adanya peristiwa G30/S/PKI.

"Djis, ini calon ayu (kakak perempuan) kau," kata Taufiq muda kepada sahabat yang sekaligus dia anggap adik, Adjis Saip, seperti dikutip detikcom dari buku 'Gelora Kebangsaan Tak Kunjung Padam, 70 Tahun Taufiq Kiemas', Minggu (9/6/2013).

"Ah kak Taufiq, jangan mimpilah. Dia (Megawati) itu anak presiden, kita ini hanya rakyat biasa," kata Adjis menanggapi.

"Kalau tak percaya lihat saja nanti," kata Taufiq.

Dan ternyata, pernyataan Taufiq di suatu sel penjara di Rutan Militer Sriwijaya pada 1966 itu benar-benar terjadi pada Maret 1973. Di bawah suasana politik Orba yang anti Soekarno, Taufiq dan Mega melangsungkan pernikahan dengan sebuah pesta sederhana di Panti Perwira Jalan Prapatan Jakarta.

Pernikahan itu berlangsung dua tahun setelah keduanya bertemu untuk kali pertama pada Juli 1971 di rumah Megawati di Madiun. Saat itu, Taufiq dan sejumlah rekan-rekannya mampir ke Madiun usai berziarah ke makam Soekarno di Blitar.. ( dtc/ktc )

Berita Lainnya

Index