Anak Pacu yang sedang melakukan latihan. ( isa )

Diikuti 24 Jalur, Pacu Jalur Ajang Uji Coba Pangean Dimulai Esok

Sabtu,26 April 2013 - 04:39:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


TELUK KUANTAN  - Pacu jalur ajang uji coba  di Tepian Rajo Kecamatan Pangean akan dimulai  Sabtu ( 27/4 ) esok.  24 jalur dari enam kecamatan, masing-masing Kuantan Tengah, Benai, Pangean, Logas Tanah Darat, Kuantan Hilir dan Kuantan Hilir Seberang kan bersaing ketat diarena ini. Pacu jalur ajang Pangean ini membuka kerinduan pecandu jalur di daerah yang sudah setahun lebih menunggu ini. Karena itu walau ajang uji coba puluhan ribu penonto akan memadati arena Tepian Rajo.

Pacu jalur ini  dilaksanakan Forum Kepala Desa se-Pangean  bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan beserta Upika, Pemuka Adat dan Pemuka Masyarakat di Pangean ini akan dibuka oleh Camat Pangean, Novrion SSos, yang dilaksanakan di Tepian Rajo, Sabtu esok  pukul 14.00 WIB. 

Dari 24 jalur yang berpartisipasi, sejumlah jalur unggulan turun gelanggang salah satunya Sang Jawara Nasional Pacu Jalur Tahun 2012, jalur Linggar Jati J-A RAPP. 

Juara bertahan pacu jalur uji coba Pangean tahun lalu, jalur Meriam Onggang Parau juga ikut berpartisipasi. Kemudian, sang jawara pacu jalur pesta rakyat di Peranap Inhu pada tahun lalu, yakni jalur Siposan Rimbo RAPP juga ikut berpartisipasi. 

Jalur berprestasi lainnya yang ikut berpartisipasi pada ajang uji coba ini adalah jalur Ombak Nyalo Simutu Olang, Toduang Kuantan, Toduang Bakotat, Sembaran Olang Pulai, Sutan Nan Garang Linsono Godang, Pendekar Sati Rajo Cikwan, Cahaya Baru dan Giring-giring Rimbo Putri Maimbau serta Bomber.

Pada saat technical meeting, Camat Pangean Novrion SSos menyampaikan, bahwa pelaksanaan pacu jalur uji coba ini merupakan ajang pemanasan untuk menghadapi pacu jalur rayon yang akan dilaksanakan Juni mendatang. Maka dari itu, kepada jalur yang berpartisipasi dalam ajang ini agar menunjukkan sportivitas dan mengedepankan rasa persaudaraan.

"Dengan pacu jalur ini, mari kita rajut tali silaturrahim dan berpaculah dengan sportivitas. Karena dengan pacu jalur ini kita bersatu dan kompak," ujar Camat Novrion.

Sementara itu, Ketua Panitia, Marwan SP menambahkan, walaupun pacu jalur ini ajang uji coba, namun tetap memiliki gengsi yang sangat tinggi. Pasalnya, sejumlah jalur berprestasi tahun lalu akan unjuk kekuatan untuk menjadi yang terbaik di awal tahun 2013 ini. "Di tahun 2013 ini, kita yang mengawali melaksanakan pacu jalur, semoga berlangsung aman, lancar dan sukses," katanya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT