Polres Kuansing Terjunkan 175 Personel Kawal Rapat Pleno di KPU

Polres Kuansing Terjunkan 175 Personel Kawal Rapat Pleno di KPU
Kapolres di Kantor KPU Kuansing

TELUK KUANTAN  — Polres Kuansing menerjunkan sebanyak 145 personel untuk mengawal rapat pleno perhitungan suara pemilu 2019 tingkat kabupaten Kuansing di aula Kantor KPU Kuansing tanggal 29 Februari mendatang.

“Polres Kuansing akan menurunkan 145 personel ditambah BKO Brimob Polda Riau 30 personel,” ujar Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito saat memimpin apel kesiapan pengamanan sidang pleno tingkat Kabupaten Kuansing di kantor KPU Kuansing, Selasa (27/2/24).

Kapolres juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada personil yang telah melaksanakan tahapan pemilu. Ia juga menegaskan kesiapan pengamanan sidang pleno di KPU Kuansing. 

“Saya dapat memastikan perhitungan suara secara terbuka, dapat dilihat oleh warga dan dihadiri oleh saksi dan pihak terkait lainnya,” kata Kapolres.

Ia mengatakan petugas siaga secara bergantian untuk menjaga kotak suara dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. 

“Bahkan penjagaan dilakukan 24 jam sejak pengiriman kotak suara dari tiap kecamatan ke gudang KPU Kuansing,” katanya.

Sementara Komisioner KPU Bidang Teknis Ahdanan mengatakan dalam rapat perhitungan suara itu petugas KPU menyiapkan layar ukuran besar bagi pihak yang tidak masuk ke dalam ruangan KPU Kuansing. 

“Kita pasang layar di luar kantor untuk warga yang mau melihat langsung perhitungan suara,” katanya.

Selain itu kata Ahdanan, KPU Kuansing juga akan melakukan live streaming rapat pleno penghitungan suara Pemilu tingkat kabupaten di Kantor KPU Kuansing.

 “Semua pihak yang ingin melihat rapat pleno itu boleh. Kita juga akan live streaming juga, sehingga warga bisa melihat jalannya pleno dari rumah,” katanya.

Kegiatan apel kesiapan pengamanan dihadiri pejabat utama Polres, diantaranya Wakapolres Kompol Robert Arizal, Kabag SDM AKBP Hadi Purnama, Kabag Ops Kompol Hendri Suparto, dan personel.

Turut hadir Ketua Bawaslu Kuansing Mardius Adi Saputra, Komisoner KPU Kuansing Wigati Iswandiari, Pabung Inhu-Kuansing Kapten Legimin, para Kasat, Kapolsek jajaran Polres Kuansing dan Danki BKO Brimob Polda Riau AKP Suyadi.

“Ini merupakan langkah yang penting dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama proses demokrasi berlangsung di Kuansing,” tandas Kapolres.( ms)

Berita Lainnya

Index