Ilustrasi Alat Rapid Test Covid -19 (Sumber: Kompas.com)

Lindungi Warga Dari Virus Corona, Pemkab Siap Gelar Rapid Test

Selasa,30 Maret 2020 - 01:59:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing), Riau terus bergerak mengnatisipasi memburuknya wabah virus Corona dan melindungi masyarakat/ Kali. Pemkab siap melaksanakan rapid test bagi pengdap virus corona, setelah menerima alat rapid test dari provinsi yang dibagikan pemerintah pusat.

Hal ini Sekdak Kuansing Dr Dianto Mampanini saaf teleconference dengan Gubernur Riau, H Syamsuar di ruang Bupati, Senin (30/3/2020).

Menurut Dianto alat rapid test corona dari Pemprov Riau diberikan kepada RSUD Telukkuantan dan Dinas Kesehatan Kuansing.

"Alat rapid test corona sudah kita terima dari Pemprov. Insya Allah akan segera kami fungsikan, dengan adanya alat ini semakin mudah mengindentifikasi warga terkena virus ini sehingga juga dapat dilakukan penanganan sesuai tingkat yang dideritanya," katanya.

Masih kata Sekda bahwa pelaksanaan rapid test akan diprioritaskan bagi orang yang datang dari luar, seperti Jakarta dan kota-kota zona merah di Indonesia atau yang warganya positif  terjangkit virus Corona

"Termasuk para TKI yang datang dari Malaysia. Data yang kita peroleh ada lima orang TKI Kuansing yang datang melalui Tanjung Balai Karimun. Mereka sudah dicek oleh Dinas Kesehatan. Tidak terdapat kondisi yang mengkhawatirkan. Tetapi tetap masuk ODP," ungkap Sekda.

Terkait masalah mekanismenya katanya, diserahkan sepenuhnya kepada Dinas Kesehatan dan RSUD Telukkuatan sebagai gugus tugas penanganan virus covid-19 di Kabupaten Kuansing.

"Biar mereka yang mengatur nanti gimana mekanismenya," katanya.

Disamping itu Dianto juga melaporkan bahwa proses pencegahan sudah dilakukan bekerjsama dengan Forkopimda. Diantaranya, penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah fasilitas umum, seperti rumah ibadah, jalan protokol, taman kota dan pasar.

"Pada malam hari dilakukan razia pada tempat atau cafe yang masih ada unsur keramaian," katanya.

Hal senada dikatakan Direktur RSUD Telukkuatan Dr Irvan. Ia mengatakan bahwa RSUD telah menerima alat rapid test corona bantuan dari Pemprov Riau.

"Kita sudah terima alat rapid tes. Ada dua jenis. Empat set dan dua set. Satu setnya isi berapa, belum dibuka. Sehingga saya belum tahu," katanya.( ms)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Sosial & Agama

Pulang Umroh, Bupati Langsung Bertugas

Senin,14 Juli 2013
Sosial & Agama

Diskes Ngaku Obat Telah Didistribusikan ke UPTD

Senin,21 Oktober 2012