banjir mulai genangi rumah warga

Warga Waspada Diare, DBD dan Gagal Panen

Selasa,09 Desember 2019 - 10:27:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Curah hujan yang tinggi membuat debit sungai Kuantan dan Singingi tidak menentu. Kadang meluap kadang surut.

Melihat fenomena ini, ketua DPRD Kuansing, Andi Putra mengingatkan masyarakat yang tinggal disepanjang aliran sungai Kuantan dan Singingi, dan beberapa sungai di wilayah Kuansing untuk meningkatkan kewaspadaan dini.

Menurutnya dengan kondisi ini warga mesti waspada terhadap cuaca agar tidak mengalami kerugian, apalagi mereka yang bermukim dekat aliran sungai.

" Waspada jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti korban jiwa,"ingatnya.

Yang tidak kalah penting katanya, warga juga waspada terhadap dampak diare dan penyakit DBD. Kondisi lingkungan yang basah dan terendam membuat warga rentan terserang diare dan DBD.

Selain itu Ia juga prihatin debit air yang tidak menentu dimusim tanam padi dapat membuat gagal panen.

" Saya saksikan beberapa kali sawah yang sudah ditanam terendam. Kalau terjadi lagi kedepan dapat membuat gagal panen"ujarnya.

Tidak hanya itu dirinya juga minta petani dan ternak waspada terhadap kondisi curah hujan.

" Jangan sampai mereka juga gagal panen terutama petani ikan akibat kolam jebol,"ujarnya.

Kepada instansi terkait, Andi Putra minta terus memantau kondisi masyarakat yang rentan terkena dampak banjir dan curah hijan tinggi. Juga menyiapkan langkah antisipasi misalnya jika padi sawah membusuk dengan menyiapkan benih cadangan.

" Termasuk juga gangguan transporatsi seperti longsor. Harus siaga,"pungkasnya. ( rls )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT