Romi AP

Musim Hujan, Dewan Minta Diskes Proaktif Cegah DBD

Rabu,20 November 2019 - 09:55:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

PEKANBARU - Musim hujan yang sudah tiba biasanya disertai amcamam wabah pemyakit demam berdarah degue atau DBD.

Menyikapi kondisi ini, Ketua Komisi III DPRD Kuansing Romi Alfisyah Putra, SE saat dihubungi awak media di Pekanbaru, Rabu ( 20/11/2019) minta Dinas Kesehatan Kuansing proaktif dalam menyikapi kondisi ini.

" Sebelum terjadi atau sudah ada yang terjadi, maka Diskes harus melakukan fogging dilokasi atau titik terjangkitnya wabah DBD itu. Jangan tunggu makan korban baru bertindak,"tegas Romi.

Jika diperlukan menurutnya dilakukan pemantauan intensif kelapangan. Kalau sudah terjadi lakukan antisipasi dengan menetapkan status agar masyarakat terlindungi dan mendapat perlindungan dari kondisi yang terjadi.

" Karena penyebarannya cepat dan berbahaya,"ujarnya.

Lebih jauh Romi menjelaskan, Diskes melakukan antisipasi atau pencegahan jauh jauh hari mengingat kondisi ini akan terjadi tiap tahun.

" Gencarkan propaganda tentang pencegahan dan bahaya DBD ini, kepada masyarakat. Agar semua elemen ikut berpartisipasi melakukan pencegahan," kata Romi.

" Kalau sudah terdapat warga yang terserang DBD, lakukan fogging dengan segera. Jangan menunda nunda,"tegasnya.

Selain itu, Romi juga menegaskan agar petugas kesehatan dikecamatan atau Puskesmas juga proaktif melaporkan tiap kejadian. Jika sudah mewabah di daerahnya, laporkan segera dan minta dilakukan tindakan.

" itu manfaat ada UPTD Kesehatan di tiap kecamatan," mbuh Romi. ( rls )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT