Buaya di Kuansing

Lobang Dompeng Pemicu Berkembang Biak Buaya di Sungai Kuantan

Sabtu,28 Juni 2019 - 03:36:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Serangan buaya terhadap warga di Kuantan Singingi ( Kuansing), Riau yang sering terjadi akibat meningkatnya populasi buaya ditambah rusaknya lingkungan muara sungai yang menjadi habitat mereka.

Lubang-lubang dompeng yang banyak bertebaran pasca aktifitas PETI disepanjang sungai Kuantan menjadi tempat nyaman berkembang biak satwa ganas itu baik kawin, bertelur dan berkembang biak.

Karenanya tidak lagi menjadi pemandangan langka kemunculan buaya disungai Kuantan dan kejadian serangan buaya terhadap warga.

Kemunculan buaya di sungai Kuantan juga akibat hancurnya lingkungan dimuara Sungai yang menjadi habitat mereka yang juga akibat kegjatan dompeng yang tak kunjung berhenti sampai saat ini.

" Berkembangnya buaya salah satu penyebab banyak lubang dompeng yang dalam-dalam banyak ditepi-tepi tebing Kuantan. Dilubang itu mereka kawin dan bertelur dan besar,"kata Ison warga Sukaping Pangean.

Maka sekarang tidak lagi pemandangan langka melihat buaya muncul disungai Kuantan. Karena semakin banyak buaya, katanya warga sekarang khawatir berakftifitas disungai Kuantan seorang diri. Apalagi semakin banyak buaya menyerang warga.

" Kalau pameo orang tua-tua Kita kalau buaya sudah menyerang harus dibunuh. Kalau tidak berbahaya karena mereka sudah merasakan daging dan bau manusia. Akan menjadi kebiasaan kalau tidak dibunuh dan akan berbahaya kedepannya,"kata Ison. ( mad )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Politik

Ragamus Kembali Terpilih Jadi Kades Pulau Ingu

Senin,21 Oktober 2012
Politik

Bawaslu Ingatkan Warga Jangan Percayai Poling

Kamis,28 Agustus 2013
Politik

Pemungutan Suara Ulang di 7 TPS Berjalan Aman

Selasa,14 April 2014