Kadis Pariwisata Riau ( tengah ) dan pengelola pariwisata saat audiensi

Agar Rapi dan Natural, Tribun dan Warung Selama Pacu jalur Gunakan Atap Rumbia

Minggu,09 Februari 2019 - 10:32:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Kadis Pariwisata Riau, Fahmizal Usman mengakui potensi wisata di Kabupaten Kuansing sangat prospek untuk dikembangkan.

Salah satunya penyelenggaraan festival pacu jalur yang sudah berusia 115 tahun dan dihadiri puluhan ribu pengunjung.

Selaku penanggung jawab kemajuan pariwisata Riau, Ia menyampaikan beberapa masukan bagi Pemkab Kuansing terutama dari sisi pengelolaannya agar semakin baik dan menarik bagi wisatawan luar.

 "Saya melihat di tepian Nerosa sangat banyak tenda berwarna hijau (terpal), seakan-akan kita melihatnya seperti kumuh. Sebaiknya atap pondok tersebut diganti saja dengan yang lebih menarik dan natural misalnya atap dari daun rumbia atau sejenisnya sehingga dapat menghilangkan kesan kumuhnya," saran Fahmizal.

Tidak hanya itu, Ia meminta agar iven ini terkelola secara komprehensif menyarankan Pemkab Kuansing melakukan kerjasama dengan pihak swasta.

"Saya mendengar ada pihak swasta yang ingin membantu pengelolaan penyelenggaraan pacu jalur agar menjadi lebih baik lagi dan menarik wisatawan untuk datang. Saya kira Pemkab Kuansing dapat menjajaki dan bekerjasama dengan pihak swasta untuk itu," saran Fahmizal kembali.

Sementara Ahmad Fadli dari Asosiasi yang bergerak di bidang penyelenggara even dan pameran menyarankan, Pemkab Kuansing membuat kalender pariwisata dan dalam menyelenggarakan sebuah even.

" Harus sudah pasti waktu dan tanggal penyelenggaraan minimal satu tahun sebelum even dilaksanakan. Sehingga calon wisatawan bisa merancang skedul mereka untuk berkunjung menyaksikan pacu jalur,"katanya.

Selanjutnya karena Kuansing belum memiliki organisasi bidang perhotelan dirinya juga menyarankan agar segera dibentuk organisasi tersebut.

Melalui keberadaan organisasi nantinya diminta mereka turut memberikan kontribusi sumbang dan saran bagi Pemkab Kuansing dalam penyelenggaraan iven pacu jalur atau kegiatan kepariwisataan lainnya.

Masukan yang diberikan mereka disampaikan, Jumat (8/2/201) saat audiensi Pemkab Kuansing dengan para asosiasi bidang kepariwisataan yang ada di Provinsi Riai dan Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Acara ini dihadiri Bupati Mursini, Wakil Ketua I DPRD Sardiyono, Sekda Dianto Mampanini, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Indra Suandi, dan Kepala OPD terkait. Dari Dinas Provinsi Riau langsung dihadiri Kadis Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal Usman.

Sementara dari Asosiasi Kepariwisataan tampak hadir Indonedia Chef Asosiation, Bangun Suryoto, Ketua Asosiasi Peramu Wisata Indonesia Osvian Saputra, Ketua Lembaga Sertifikasi Nasional.

Kegiatan ini bertujuan mendapatkan berbagai masukan cara mengelola dan mengembang destinasi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Kuansing agar terkelola secara baik dan konfrehensif sehingga nantinya dapat meningkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuansing.( rls/hms/ks)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT