Kawasan wisata Treasure Bay di Lagoi Bontan Kepri. ( ktc )

Wisata Kuansing Belum Dilirik Pengelola Travel Wisata

Minggu,27 Oktober 2018 - 06:35:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Kuansing belum menjadi salah satu target pengelola biro perjalanan ( biro ) travel wisata untuk dijual kewisatawan.

" Kuansing belum. Riau baru kabupaten Siak disana ada ikon istana Siak,"ujar Rezki salah seorang pemandu wisata yang field trip wartawan Kuansing dan Kampar oleh PT. RAPP kekawasan wisata Bintan di Provinsi Kepulauan Riau disela-sela perjalanan.

Rezki ditanya apakah ada wisatawan yang meminta jasa mereka untuk dibawa menikmati pariwisata Kuansing.

" Belum,"ujarnya.

Rezki mengakui sebenarnya Kuansing punya potensi seperti pacu jalur yang sudah menjadi ikon. Sebagian besar pengelola biro perjalanan wisata sudah mengetahui pacu jalur karena sudah masuk tiga destinasi wisata besar di Riau bersama Bono di Pelalawan dan Bakar Tongkang di Bagan Siapi-api.

Akan tetapi sifatnya baru iven yang punya waktu tertentu. Kalau Lagoi Bintan wisatawan hampir datang setiap hari kaena insfrastruktur yang memadai dan sangat layak jual.

Tetapi Ia yakin jika pengelola perjalanan wisatawan atau travel dilibatkan dalam kegiatan pacu jalur akan semakin terasa gaungnya mendorong wisatawan luar masuk.

" Karena pengelola travel akan menjadikan Kuansing sebagai bagian dari rute perjalanan wisatawan yang ke Riau, pacu jalur harus menjadi pintu masuk mengenalkan objek wisata alam, tradisi, kuliner dan sejarah Kuansing,"ujarnya.

Bisa jadi menyaksikan pacu jalur bagian dari tour Sumbar -Riau untuk tahap awalnya.

Ia menyarankan agar Pemkab bekerja menggandeng pengelola travel wisata membenahi sektor pariwisata di Kuansing. Karena yang mengerti dan berpengalaman membawa wisatawan memang age-agen tavel parwisata.

" Jadi agen dan pemandu tavel wisata tahu karakteristik dan minat wisatwan dari luar. Jadi ada sinergitas membangun sarana, prasarana dan promosi wisata sejak awal "ujar Rezki yang turut andil dalam merancang acara pembukaan dan penutupan Tour De Siak.

Dalam pariwisata ujarnya peran besar berada disektor diswasta. Sedangkan pemerintah memberi ruang swasta untuk menanamkan modalnya, seperti di Bintan.

" Sarana pariwisata semua dibangun swasta karena swasta secara regulai lebih mudah melakukan inovasi sarana dan prasarana untuk mengantispasi perkembangan yang cepat dan juga cukup mahal. Sementara pemerintah lebih memberi kemudahan seperti lahan jalan, lahan bagi investor dikawasan wisata, keamanan dan yang lainnya,"ujarnya.

Kalau swasta sudah masuk, maka mereka secara otomatis turut serta mempromosikan pariwisata.

Menurutnya tidak ada yang tidak mungkin dalam memajukan pariwisata. Kawasan wisata Lagoi Bintan katanya berada dikawasan hutan lebat yang ditata sehingga menjadi menarik, karena ada kawasan wisata yang dibangun swasta ditepian pantai.

" Tetapi di Bintan tidak hanya mengandalkan pantai saja tetapi juga wahana bermain yang banyak dan hotel,"ujarnya.

Sementara pantauan kuansingterkini, sebenarnya terdapat kemiripan kawasan wisata Lagoi Bintan dengan lokasi objek wisata alam air terjun dikawasan Bukit Betabuh dikecamatan Kuantan Mudik hingga kecamatan Hulu Kuantan. Sama-sama berada ditengah hutan dan keunggulan Kuansing memiliki perbukitan yang membuat view menjadi lebih indah.

Bedanya di Bintan, objek wisata airnya berupa pantai, sementara di Kuansing air terjun. Namun kawasan Bintan telah tertata dengan baik. Di Bintan, sebelum sampai kelokasi objek wisata, pengunjung melewati hutan perawan dengan jalan yang mulus dan tertata rapi dikiri kanan jalan dan dijaga dengan baik.

Kalau Pemkab Kuansing menetapkan kawasan hutan lindung Bukit Betabuh dari kecamatan Kuantan Mudik sampai ke kecamatan Hulu Kuantan masuk dalam kawasan wisata, hasil tidak akan jauh berbeda.

Dipuncak bukit yang ada kawasan hutan lindung bukit betabuh dibangun jalan aspal mulus dari Kuantan Mudik hingga Hulu Kuantan, dan disetiap lokasi persimpangan jalan menuju objek air terjun Guruh Gemurai, air terjun Sungai Kandi, air terjun Batang Ogan, air terjun Batang Koban dan air terjun Sibalobak dibangun akses jalan tambahan untuk sampai kelokasi dan areal bagi investor menanamkan modal untuk resort, home stay, lapangan golf, lokasi out bound, water park,kebun binatang, lokasi adventure, paralayang, ATV dan sarana objek wisata pendukung lainnya.

Dengan demikian sebelum menuju lokasi air terjun, pengunjung dapat menikmati sensasi alam hutan yang perawan yang semakin jarang dijumpai. Sekaligus efektif untuk menjaga penjarahan kawasan hutan lindung Bukit Betabuh baik kayu maupun lahan oleh orang luar, apalagi jika dalam kawasan tersebut dijaga seperti halnya kawasan wisata Lagoi Bintan. ( isa )

 

 

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT