Air terjun Selendang Merah. fhoto : hendrasaputrajaya

Berpetualang Dihutlin Bukit Betabuh Sambil Rekreasi di Air Terjun Selendang Merah

Rabu,17 Oktober 2018 - 10:41:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Air terjun ini memang belum sepopuler Guruh Gemurai dan Batang Koban. Namanya air terjun Selendang Merah, salah satu surga tersembunyi dikawasan hutan lindung Bukit Betabuh yang asri.

Air terjun ini berada di Desa Seberang Cengar kecamatan Kuantan Mudik, kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing), Riau. Dari ibukota Kuansing, Teluk Kuantan dibutuhkan waktu setengah jam menuju desa Seberang Cengar. Lalu kegiatan berpetualang dimulai.

Berpetualang karena untuk sampai ke air terjun ini, pengunjung harus berjalan kaki sekitar satu setengah jam dari desa Seberang Cengar melewati areal perkebunan kelapa sawit dan karet serta hutan perawan Bukit Betabuh dimulai dengan view pemandangan alam berbukit yang menawan.

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan dihibur kicauan berbagai jenis burung. Suara-suara siamang --kera hitam dan banyak satwa lain yang menjadi pelengkap suara-suara menakjubkan dari hutan ini.

Pengunjung akan dihadapkan pada jalan menanjak, dan hadangan pohon besar , dan ini membuat perjalanan semakin menantang.

Satu setengah jam berjalan ditengah alam pengunjung akan menemukan air terjun Selendang Merah yang asri dengan ketinggian 10 meter lebih. Sebuah air terjun dengan air yang bening, dingin, menyejukkan dan membuat yang sampai ingin segera masik menikmati air yang alami.

Kelebihan lain air terjun ini, curahan air dari atas tiga bari yang tak dimiliki air terjun lain diKuansing. Cocok sekali untuk lokasi pre wedding.

" Air terjun Selendang Merah cocok untuk yang suka adventure dan berpetualang dialam bebas sambil menikmati pesona alam dan air alami. Karena akses jalan masih sederhana,"ujar Hendra Saputra Jaya salah seorang pegiat pariwisata Kuansing.

Tetapi jika ada investor yang mau menanam modal akan menjadi menarik misalnya menyewakan kenderaan ATV.

" Dengan ATV pengunjung menuju kesana dan dapat dibayangkan bagaimana asiknya. Tetapi lokasi perlu dibenahi dan dilengkapi pemerintah seperti kamar ganti, kamar mandi, kafe, pos keamanan, petugas safety, taman, pedestrian dan lainnya,"kata Hendra.( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT