Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Perindah Teluk Kuantan, Air Mancur Diperbaiki, Taman Kota Direnovasi Lebih Modern

Minggu,16 April 2017 | 12:07:00   Dibaca: 1431 kali
Perindah Teluk Kuantan, Air Mancur Diperbaiki, Taman Kota Direnovasi Lebih Modern
Ket Foto : fhoto air mancur dikompleks Pemda saat masih beroperasi. (fhoto : mungkinbloghtspot.com)

TELUK KUANTAN - Untuk memperindah kota Teluk Kuantan dalam upaya menjadikan Kuansing sebagai daerah tujuan wisata, sejumlah taman, air mancur, dan ruang terbuka hijau perlu direnovasi lebih modern.

Kota Teluk Kuantan saat ini memiliki dua lokasi air mancur, baik didepan kompleks Pemda Kuansing dan diarena tugu taman jalur. Namun keduanya tidak berfungsi lagi, sehingga perlu direnovasi dan ddiperbaiki agar kembali seperti sedia kala.

Bahkan jika ingin ingin mewujudkan kota wisata, Pemkab perlu menambah air mancur didua lokasi, seperti di tugu Carano dan tugu pendidikan di kelurahan Simpang Tiga Teluk Kuantan. Untuk air mancur kedepan tidak perlu yang memiliki daya muncrat tinggi, namun cukup dengan daya muncrat setengah meter yang lebih efisien.

Karena itu rencana Pemkab menjadikan kawasan bekas Ruko pasar bawah sebagai lokasi taman baru juga perlu direalisasikan. Bahkan lahan-lahan Pemkab seperti dibelakang hotel Kuansing dibangun taman baru yang diusahakan dana dari APBN atau APBD Riau seperti halnya pembangunan taman dibawah lapangan upacara Kompleks Pemda Kuansing yang dibangun dari dana APBD RIau.

" Air mancur, taman dan ruang terbuka hijau memang perlu banyak kalau ingin kota indah dan menarik dikunjungi dan dipermodern seperti taman depan wisma Jalur tepian Narosa dan kawasan hutan lindun Pulau Bungin,"ujar Z.Qadi salah seorang arsitek belum lama ini.

Lanjutnya, jika ingin menjadikan kota Teluk Kuantan menarik, maka program penghijauan kota juga perlu dilakukan secara besar-besaran, baik disepanjang jalan dan dilahan-lahan kosong miliki Pemkab dan masyarakat. " Kota kalau banyak pohon, udaranya akan bersih, kelembaban udara tinggi ini akan membuat kota menjadi teduh, sejuk dan asri sehingga betah untuk dikunjungi, sebelum pergi ke objek-objek wisata yang ada,  maka program penghijauan di areal masyarakat dan pemerintah perlu ditingkatkan, instruksikan kantor-kantor pemerintah dijalan-jalan utama melakukan penghijauan besar-besaran dan bantu mereka bibit pohon berbagai jenis, atau bekerjasama dengan perusahaan,"ujarnya.

Secara insfrastruktur lanjutnya, kota Teluk Kuantan sudah memadai. Jalan jalur dua sudah cukup banyak, tinggal mempercantik dengan membangun taman dan lampu jalan. Tinggal sekarang membuat jalur dua jalan depan kompleks Pemda yang ditengahnya ( median ) dapat dibangun taman untuk menambah penghijauan. ( isa )

 

 


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.