Tiga lokasi yang mulai digali oleh tim Arkeolog di kawasan Bukit Candi desa Pulau Jambu Cerenti. ( f

Untuk Mengungkap Situs Purbakala, Tim Arkeolog Mulai Lakukan Penggalian di Bukit Candi Cerenti

Sabtu,15 April 2017 - 12:19:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Tim eksavasi atau penggali situs purbakala dari Balai Arkeolog Medan mulai melakukan penggalian di kawasan Bukit Candi desa Pulau Jambu kecamatan Cerenti. Mereka sudah berada di lokasi selama tiga hari. Pada hari ketiga tim mengggali tiga buah lobang dilokasi yang sudah dipetakan sebelumnya.

Pada hari ketiga ini tim arkeolog dari Medan juga mendapat bantuan dari dosen dan mahasiswa jurusan Arkeolog Universitas Jambi untuk bersama-sama bekerja dilokasi guna menemukan kemungkinan adanya situs Purbakala ( candi ) disana.

Hal ini diakui salah seorang tokoh masyarakat Cerenti, Asriadi. " Hari ketiga ini tim melakukan penggalian dan ada bantuan dari dosen dan mahasiswa jurusan Arkeolog Universitas Jambi. Tim dari Medan lima orang dari Universitas Jambi empat orang satu dosen dan tiga mahasiswa,"ujarnya, Sabtu ( 15/4/2017).

" Mudah-mudahan kerja keras tim ahli membuahkan hasil ,"ujarnya.

Sementara itu dari catatan yang ada dua lembaga terkait masing-masing Balai Arkeolog Medan dan Balai Pelestarian Cagar Budaya yang berkedudukan di Batu Sangkar Sumbar selama ini intens melakukan pemantauan dan eksavasi di dua lokasi yang diduga terdapat situs Purbakala di Kuansing masing-masing di Bukit Candi ini dan kawasan Padang Candi desa Sangau kecamatan Kuantan Mudik.

Kerja keras mereka diharapkan dapat menguak keberadaan situs Purbakala tersebut sehingga dapat merekonstuksi sejarah peradaban masyarakat Kuansing dimasa lalu selain sebagai asset wisata dan ilmu pengetahuan.

Sementara itu dari rangkuman berbagai sumber pada abad ke 7 Masehi dikawasan Kuansing saat ini pernah berdiri kerajaan Koto Alang dan Kandis. Keberadaan sejumlahsitus Purbakala yang hendak diungkap saat ini terkait keberadaan kerajaan di Kuansing dimasa lalu itu. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

Sosial & Agama

40 Warga Bakal Ikuti Operasi Bibir Sumbing Gratis

Selasa,07 Mei 2013
Sosial & Agama

Pengen Awet Muda, Coba Datang ke Batu Tabolah

Sabtu,29 Oktober 2016