Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Bagi Pengendara Riau-Sumbar Via Teluk Kuantan, Ini Panduannya Agar Tidak Terkendala

Minggu,05 Maret 2017 | 10:53:00   Dibaca: 1330 kali
Bagi Pengendara Riau-Sumbar Via Teluk Kuantan, Ini Panduannya Agar Tidak Terkendala
Ket Foto : Tugu Carano kota Teluk Kuantan. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Untuk sementara waktu rute Riau-Sumbar dialihkan via Teluk Kuantan dan Kiliran Jao pasca banjir dan longsor dikawasan Pangkalan kabupaten Limapuluh Kota provinsi Sumatera Barat sejak Jumat ( 3/3/2017 ) dini hari sehingga rute Riau - Sumbar via Kampar putus total. Diprediksi jumlah pengendara yang bakal melintas dirute Teluk Kuantan ini bakal meningkat tajam hari Minggu ( 5/3/2017 ) ini.

Diketahui jarak tempuh Teluk Kuantan - Padang sekitar 298 kilometer, sedangkan jarak Teluk Kuantan - Pekanbaru sekitar 156 kilometer. Jadi jarak yang akan dilalui kenderaan sepanjang 454 kilometer bagi pengendara Riau-Sumbar yang melalui rute Teluk Kuantan. Sementara jarak Pekanbaru-Padang via Kampar lebih kurang 309 kilimeter, jadi jika melalui rute Teluk Kuantan akan terjadi selisih jarak tempuh sekitar 151 kiometer dibandingkan rute Kampar.


Berikut tips untuk memandu pengendara yang akan melewati rute Pekanbaru Riau ke Padang dan kota-kota lain di Sumatera Barat via Teluk Kuantan terutama pengemudi kenderaan pribadi. Bagi sopir travel ruas ini sudah cukup dikenal karena selalu menjadi rute alternatif tak kala jalan Sumbar-Riau via Kampar putus.

Yang perlu diwaspadai terutama pengendara dari arah Sumbar menuju Kiliran Jao dan Teluk Kuantan dan seterusnya ke Pekanbaru dan kota lain di Riau saat memasuki rute Kiliran Jao-Teluk Kuantan, jalan sebelah kiri banyak terdapat jalan bergelombang karena rusak akibat lalulintas truk batubara, CPO dan kayu bermuatan berat yang selama ini berangkat menuju Pekanbaru dan Dumai.

Tingkat kewaspadaan sopir perlu ditingkatkan jika hari sedang hujan, sehingga jalan bergelombang menjadi tertutup air. Lebih baik pengendara mengurangi kecepatan diruas Kiliran Jao-Teluk Kuantan disamping ruas jalan ini relatif sempit. Sementara rute Teluk Kuantan - Pekanbaru relatif lebih aman, kenyamanan perjalanan akan sedikit terganggu saat memasuki kawasan Bukik Cokiak di kelurahan Muara Lembu Singingi. Pasalnya dilokasi ini sedang dilakukan perbaikan jalan.

Sebaliknya bagi pengendara dari Pekanbaru kearah Teluk Kuantan dan Kiliran Jao, jalur kiri yang mereka gunakan relatif lebih baik dan dapat meningkatkan kecepatan kenderaan mereka. Tetapi juga harus ekstra waspada mengingat truk-truk pengakut CPO, batubara dan kayu sering melintas diruas jalan ini.

Untuk SPBU diruas jalan ini tidak terlalu bermasalah. Diruas rute Pekanbaru Teluk Kuantan stasiun pengisia bahan bakar umum ( SPBU ) relatif banyak. SPBU terdapat di kawasan Kubang dan Lubuk Sakat Teratak Buluh, Simalinyang dekat Sungai Pagar dan Lipat Kain semuanya dikawasan kabupaten Kampar. 
Setelah itu SPBU akan dijumpai di desa Koto Baru, desa Logas, desa Jake dan keluarahan Sungai Jering Teluk Kuantan. 
Sampai di Teluk Kuantan perjalanan akan dilanjutkan ke KiliranJao dengan jarak tempuh  56 kilometer. Di ruas  Teluk Kuantan - Kiliran Jao terdapat dua SPBU masing-masing di desa Sitorajo di kabupaten Kuansing dan Kamang di kabupaten Sijunjung dan di Kiliran Jao sendiri. Mengingat akibat pengihan arus kenderaan meningkat tajam, pengendara disarankan mengsi full bahan bakar saat berhenti disetiap SPBU. SPBU ini juga dapat digunakan untuk beristirahat.
Untuk rumah makan diruas Pekanbaru  - Teluk Kuantan relatif banyak terutama warung untuk sekedar sarapan. Namun rute Teluk Kuantan - Kiliran Jao relatif sedikit, untuk itu disarankan  berhenti makan di Teluk Kuantan terutama yang sampai dikota ini pada tengah hari dan senja.
Bagi pengendara yang melewati rute ini dari Pekanbaru ke sumbar dan sebaliknya akan sedikit kebingungan saat sampai di kota Teluk Kuantan walaupun rambu penunjuk jalan tersedia. Ada tiga alternatif di Teluk Kuantan menuju arah Kiliran Jao dari arah Pekanbaru dan sebaliknya.

Pertama saat sampai di pintu gerbang masuk kota sekira tiga kilometer akan bertemu dengan perempatan tugu Carano yang disana juga ada mesjid Agung Kuansing. Dari perempatan ini belok kanan melalui stadion  sport centre Kuansing lalu akan berjumpa kembali dengan pertigaan lalu  belok kanan dan kemudian sekira tiga kilometer kembali bertemu pertigaan lalu belok kanan dan langsung menuju Kiliran Jao. 

Alternatif kedua, setelah menjumpai perempatan tugu Carano akan berjumpa dengan perempatan lalu belok kanan, lalu kembali berjumpa dengan pertigaan lalu belok kiri setelah itu akan berjumpa lagi dengan pertigaan lalu belok kanan dan langsung menuju arah Kiliran Jao.

Alternatif ketiga dari perempatan  Tugu Carano lurus kearah pusat kota dan bertemu lagi dengan perempatan  lalu lurus dan selanjutnya bertemu kembali pertigaan dekat Mandiri Swalayan lalu  belok kanan dan kembali berrtemu pertigaan  dekat tugu Pendidikan dan mesjid Makkah lalu belok kanan dan langsung menuju ke Kiliran Jao.

Sementara dari arah Kiliran Jao ke Pekanbaru saat memasuki pintu gerbang Kota dikawaan desa Sitorajo Kari yang juga ada SPBU sekira dua kilometer akan menemukan pertigaan lalu belok kiri menuju perempatan tugu Carano sebelum sampai perempatan tugu Carano akan berjumpa pertigaan belok kiri. Sampai diperempatan tugu Carano belok kiri dan langsung menuju Pekanbaru

Alternatif kedua saat masuk pintu gerbang Kota jika telah menjumpai pertigaan lurus ke pusat kota. Sesampai dipertigaan tugu pendidikan dekat Mesjid Makkah belok kiri lalu akan berjumpa kembali pertigaan dan belok kiri lagi dan masuk ke jalur menuju Pekanbaru. Walaupun ditemui dua perempatan pengendara harus tetap lurus karena sudah memasuki jalan Teluk Kuantan Pekanbaru.( isa)


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.