Danau Biru di desa Petai kecamatan Singingi Hilir. ( ktc/fbwidyakanaya)

Danau Biru di Desa Petai, Indahnya Alam Antau Singingi

Senin,20 Februari 2017 - 09:21:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Antau Singingi memiliki pesona alam yang luar biasa indah. Selain air terjun, panorama alam, dan sungai yang jernih, kawasan ini memiliki danau Biru di desa Petai kecamatan Singingi Hilir, Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau.

Namun bagi yang ingin kesana memang harus memiliki jiwa petualang yang tinggi. Karena lokasi danau Biru lumayan jauh. Dari jalan raya Teluk Kuantan - Pekanbaru, jaraknya mencapai lebih kurang 25 kilometer menuju kawasan suaka margasatwa Bukit Rimbang Baling. Suaka margasatwa ini terdapat dikawasan Bukit Barisan yang merupakan punggung pulau Sumatera yang menghadirkan panorama alam yang indah.

Begitu pula sebelum mencapai objek wisata ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang indah, sebab sebelum sampai akan menemui perbukitan yang cukup banyak.

" Untuk kesana cocok bagi yang suka ngetrip atau para Trake, sebab dengan kondisi saat ini pakai Traker baru aman dan lancar kesana, sebab roda empat cukup sulit, jalannya mendaki dan menurun,"ujar Widya, Senin ( 20/2/217 )  salah seorang pengunjung yang sudah sampai ke danau Biru tersebut.

Jarak tempuh dari jalan raya Teluk Kuantan-Pekanbaru kelokasi ujarnya selama dua jam perjalanan. " Medan kesana sangat menantang tetapi saat sampai disana hilang rasa capek karena pemandangan yang indah dan asri, danau yang airnya berwarna hijau, cocok untuk lokasi foto-foto, disana juga sudah ada tempat duduk dari kayu untuk melepas lelah,"ujarnya.

Widya berharap pemerintah dapat memperbaiki akses ke lokasi wisata ini termasuk lokasi objek wisata lain di desa Petai agar wisatawan semakin mudah mencapainya. Sebab selain danau Biru, masih ada air terjun Tangko yang disekitar danau Biru. " Trus ada sungai Dabijo,"pungkasnya.

Sementara itu tokoh pemuda Singingi Hilir, Aden Siswanto menambahkan, sejatinya jarak tempuh normal ke lokasi satu jam dari jalan raya. Namun  karena saat ini terdapat kerusakan jembatan, maka pengunjung harus memutar.

" Kalau jembatan tidak rusak, jarak tempuhnya cuma satu jam,"ujar Aden.

Lanjut Aden mereka berharap, Pemkab dapat menyatukan akses objek wisata di desa Petai melalui akses yang memadai, sehingga pengunjung dapat dengan mudah mencapai sungai Dabijo ( Tapi ), danau Biru, air terjun Batang Tangko dan Tasam didesa ini.

Ia percaya kemajuan sektor pariwisata di daerah mereka akan berdampak pada ekonomi masyarakat, seperti transportasi, rumah makan dan cendera mata. " Jika perlu masyarakat mengembangkan kue tradisional seperti kue boruak-boruak yang menjadi ciri khas Antau Singingi dan jeruk Petai sehingga menambah daya tarik orang berkunjung, "ujarnya.

Bagi pengunjung dari Pekanbaru, untuk mencapai desa Petai jaraknya lebih kurang 110 kilometer, sedangkan dari Teluk Kuantan jaraknya 50 kilometer, ditambah jarak tempu ke lokasi sekitar 25 kilometer. ( utr )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT