Pegawai dilingkungan Pemkab Kuansing saat acara di lapangan upacara Kompleks Pemda. ( ktc )

PNS Kuansing Belum Juga Gajian, Pedagang Juga Terkena Imbas

Minggu,15 Januari 2017 - 03:48:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Hingga hari Jumat ( 13/1/2017) lalu, seluruh pegawai negeri sipil ( PNS ) yang ada di Kuansing belum juga menerim gaji. Hal ini membuat semangat kerja para abdi negara tersebut terlihat menurun dari biasanya.

Apalagi selama tiga bulan lalu sejak Oktober hingga Desember sebagian besar PNS di daerah ini juga tidak menerima dana Kesra. Ditambah lagi para pejabat juga belum menerima tunjangan operasional.

Bagi PNS yang sudah menggadaikan SK ke bank, kondisi ini tentu sangat menyulitkan mereka. Pasalnya saat ini mereka relatif tidak ada simpanan yang dapat digunakan untuk membiayai kehidupan rumah tangga dan operasional ke kantor yang membutuhkan trasportasi dan makan minum akibat sebelumnya mereka juga belum menerima dana Kesra dan tunjangan operasional termasuk guru yang belum menerima dana sertifikasi selama empat bulan.

Hasil pantauan disejumlah kantor-kantor dinas dan badan serta satuan, memang terlihat semangat kerja PNS menurun. Rata-rata setelah lepas istirahat siang, kantor-kantor terlihat sepi.

" Ya belum dibayarkan,"ujar Heri pegawai dinas Tenaga Kerja, dan Penanaman dan Pelayanan Terpadu, Jumat sore.

Selain berimbas kepada kehidupan rumah tangga pegawai, akibat belum mengucurnya gaji PNS, juga berdampak pada para pedagang, baik pedagang harian apalagi pedagang makanan dan minuman. Aktifitas jual beli pedagang harian serta pedagang makanan dan minuman menurun dari biasanya. Pasalnya PNS relative selama ini menjadi pelanggan setia mereka apalagi yang berusaha disekitar kawasan Komplek Perkantoran Pemda Kuansing.

“ Cukup menurun, karena yang makan di kedai Saya rata-rata pegawai,”ujar Sarona salah seorang pedagang nasi.

 

Sementara itu Sekda Kuansing, H Muharman, M.Pd belum lama ini mengaku gaji PNS belum dibayarkan. Hal tersebut terjadi karena OPD baik dinas, badan, satuan dan kecamatan serta UPTD dan sekolah belum memiliki bendahara serta belum adanya pejabat yang akan menandatangani SPD ( surat penyedian dana ) . " Kita akan menggesa secepatnya agar PNS dapat gajian,"ujar Muharman. ( isa )
 

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT