Longsor jalan di desa Koto Kombu. ( ktc )

Jalan Longsor, MDA di Desa Koto Kombu Terancam Amblas ke Sungai Kuantan

Jumat,28 Januari 2016 - 04:55:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Hujan deras yang terus mengguyur sebagian besar wilayah  Kuansing mulai berdampak. Kamis ( 28/1/2016 ) pagi, jalan penghubung di desa Koto Kombu kecamatan Hulu Kuantan llongsor, akibatnya satu unit MDA terancam amblas ke sungai Kuantan.

 

Pasca longsor jalan tersebut tidak bisa lagi dilewati oleh masyarakat setempat. Karena hampir seluruh badan jalan yang berada persis di samping sekolah MDA dan SD tersebut longsor akibat tergerus oleh derasnya Sungai Kuantan.

"Tinggal sedikit lagi jalannya, sudah hampir putus, longsor ke sungai," kata Kepala Desa Koto Kombu Firdaus kepada wartawan via hand pone, Kamis siang.

Menurut Firdaus, amblasnya jalan tersebut diduga akibat hujan deras yang disertai angin kencang yang terjadi sejak pagi hari. Kejadian longsornya jalan tersebut diperkirakan sekitar pukul 09.00 Wib.

“ Sudah Kita laporkan secara lisan kepada Camat Hulu Kuantan, dan Pak Camat minta dibuat laporan tertulis,”ujarnya.

Untuk sementara katanya, pemerintah desa memberi tanda larangan melintas di ruas  jalan yang lonsgor tersebut. “ Untuk roda dua dan warga yang berjalan kaki bisa lewat, tetapi kalau diizinkan nanti pas dilokasi bisa longsor dan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,”ujarnya.

Sementara itu ketua Dewan Pembina Pemuda desa Koto  Kombu, Hendrianto menambahkan, agar dinas terkait dapat segera melakukan perbaikan terhadap jalan yang longsor tersebut. “ Karena jika tidak segera diperbaiki, longsor akan semakin besar dan jalan akan putus total dan membahayakan warga, bangunan disekitarnya,”ujar Hendrianto.


Sebab, jalan tersebut berada dibibir sungai Kuantan. Sementara arus sungai setakad ini cukup deras. Dan dikhawatirkan akan terus menggerus badan jalan tersebut.

"Ini jalan utama menghubungkan Dusun Koto dan Dusun Kombu. Kalau sempat longsor ini terus melebar, maka SD dan MDA yang berada dikawasan itu nyebur ke sungai Kuantan," katanya.

 Sementara itu Kepala Bidang Peningkatan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air  ( BMSDA ) Kuansing, Nasri Edi, mengaku sudah mendapat informasi soal kejadian ini. “ Kita sudah turunkan tim meninjau ke lapangan,”tutupnya. ( isa)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT