Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Sedang Laris Manis , Warga di Bagian Hulu Saat Ini Keranjingan Mencari Buah Tapak Itik

Kamis,13 Januari 2016 | 04:48:00   Dibaca: 3049 kali
Sedang Laris Manis , Warga di Bagian Hulu Saat Ini Keranjingan Mencari Buah Tapak Itik
Ket Foto : Pohon Tapak Itik. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Laris manis dan harga cukup menggiurkan, masyarakat dibagian hulu sungai Kuantan seperti kecamatan Kuantan Mudik, Pucuk Rantau dan Hulu Kuantan saat ini sedang keranjingan mencari buah tapak itik yang dibeli pedagang untuk bahan obat-batan herbal.

Untuk mencari buah ini, warga dikawasan ini tak segan-segan mencari hingga jauh kedalam hutan dan semak belukar. Buah ini memang banyak terdapat didalam kawasan hutan.

" Ya laris manis sekarang bang, sekilo harganya Rp 30 ribu, kalau dapat 5 kilo sudah berpenghasilan Rp 150 ribu per hari, lumayan disaat harga karet murah, makanya banyak warga yang antusias mencari buah tapak itik sekarang, walau harus mencari hingga ke dalam hutan, pedagang ang membeli juga banyak,"ujar Khaidir warga desa Bukit Kauman, Rabu ( 13/11/2016 ) siang.

Untuk mencari buah ini katanya memang harus kedalam hutan, karena dia melekat di pucuk-pucuk batang-batang yang hidup di hutan. " Kalau sudah jumpa, kadang batang harus ditebang, karena tidak mungkin dipanjat, karena tempatnya dipucuk-pucuk batang dan dahan,"ujarnya.

Setelah didapat lalu dikeluarkan dan dikeringkan, baru kemudian dijual. " Kalau khasiatnya banyak untuk kesehatan, orang-orang yang suka obat herbal tahu khasiatnya,"ujar Khaidir. ( isa )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.