Bupati H Sukarmis saat mendatangi TPS untuk memberikan hak suara. ( ktc )

Bupati Bersyukur, Pilkada Kuansing Berjalan Aman dan Lancar

Kamis,17 Desember 2015 - 10:02:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

 

TELUKKUANTAN – Bupati Kuansing, H Sukarmis bersyukur  pelaksanaan Pilkada hingga rapat pleno oleh KPU ini berjalan lancar. Ia meminta kondisi ini dipertahankan hingga pelantikan Bupati dan WakiL Bupati lima tahun kedepannya atau seluruh tahapan Pilkada benar-benar sudah tuntas semuanya.

"Alhamdulillah, Pilkada Kuansing aman dan lancar," ujar Sukarmis, Rabu (16/12/2015) lalu, usai rapat pleno yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuansing.

Menurutnya,  saat terjadinya kerusuhan pada 2011 lalu, menjadikan Kuansing sebagai daerah rawan konflik Pilkada dimata pusat dan provinsi. Sehingga, pihak keamanan mulai dari pusat sampai ke daerah terfokus ke Kuansing. "Kalau di Riau, kita masuk garis merah."

"Tapi, hari ini membuktikan kepada dunia, bahwa orang Kuansing sudah dewasa dalam berdemokrasi. Sehingga, tidak ada yang mengganggu dan merusak ketertiban umum," urai Sukarmis.

Kata Sukarmis, dalam setiap kompetisi  pasti ada yang kalah dan ada yang menang dan juga sangat manusiawi ada yang senang dan kecewa, namun semua harus mengendalikan diri dan sejarah ini akan menjadi pedoman bagi Pilkada-Pilkada selanjutnya bagi anak cucu Kita agar tidak terjadi kericuhan di Pilkada selanjutnya.

 Pemenang harus bersyukur dengan prestasi tersebut dan yang kalah silahkan menempuh jalur hukum. "Jika masih belum terima, silahkan tempuh jalur yang diatur undang-undang, jangan tempuh jalan kekerasan, sehingga  tidak menimbulkan konflik di tengah-tengah masyarakat, yang rugi nanti masyarakat, Mari kita semua saling menghormati sampai seluruh tahapan Pilkada berjalan tuntas," ujar Sukarmis.

Sukarmis minta jangan lagi terjadi perpecahan di tengah-tengah masyarakat akibat Pilkada ini karena banyak merugikan masyarakat seperti kejadian masa lalu. Sebab tujuan Pilkada untuk mempersatukan masyarakat menuju kemajuan Kuansing.

Bupati juga berterimakasih kepada pihak keamanan yang telah bekerja mensukseskan helat demokrasi ini.

"Kita tahu, aparat keamanan baik Polri maupun TNI berjibaku untuk mengamankan Kuansing. Saat tidur pun mereka memikirkan Kuansing. Oleh karena itu, kita mengucapkan terimakasih tak terhingga,"  ujar Sukarmis.

Sukarmis juga memuji tingginya tingkat partisipasi dan warga Kuansing yang telah sudi datang ke TPS memberikan hak suaranya dalam Pilkada 2015. ( isa/utr/ )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT