Jika Cabup dan Cawabup Tidak Lulus Test Kesehatan, KPU Minta Parpol Cari Pengganti

Jika Cabup dan Cawabup Tidak Lulus Test Kesehatan, KPU Minta Parpol Cari Pengganti
Para pasangan calon saat mengikuti test kesehatan di RSUD Arifin Ahmad. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kuansing akan meminta Parpol dan gabungan Parpol pengusung calon untuk mengganti Cabup dan Cawabup yang ternyata tidak lulus test kesehatan.

“ Itu memang prosedur, kalau ada Cabup atau Cawabup yang tidak lulus test kesehatan maka Parpol pengusung harus mencari calon pengganti secepatnya,”ujar Ketua KPU Kuansing, Firdaus Oemar, SH, Senin ( 3/8/2015 ) sore.

Karena itu menjelang pleno penetapan pasangan calon 24 Agustus yang akan datang, KPU akan memberi statemen resmi  jika terdapat Cabup atau Cawabup yang tidak lolos test kesehatan. “ Kalau nanti ada  statemen resmi menjelang tanggal 24 Agustus  terkait hasil test kesehatan ini, itu ruang bagi Parpol untuk mencari calon pengganti, dan mereka harus cari pengganti baik untuk Cabup atau Cawabup yang tidak lolos test kesehatan,”ujarnya.

Jadi tegasnya kalau ada Cabup atau Cawabup yang tidak lolos test kesehatan tidak akan diumumkan saat pleno penetapan pasangan calon, melainkan sebelumnya. “  Akan tetapi jika sampai tanggal 24 Agustus tidak ada statemen resmi dari KPU terkait hasil pemeriksaan kesehatan pasangan calon, maka semuanya lolos test kesehatan,” kata Firdaus.

Menurut Firdaus setakat ini, KPU belum menerima hasil pemeriksaan test kesehatan dari  tim pemeriksa yang dibentuk pengurus Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ) wilayah Riau yang merupakan kerjasama dengan KPU di RSUD Arifin Ahmad, Kamis ( 30/7/2015 ) lalu.

 “ Kita belum terima, hari Selasa ( 4/8/2015 ) akan Kita konfirmasi ulang ke pengurus IDI Riau. Memang sebagian kabupaten dan kota sudah menerima hasil test kesehatan pasangan calon dari tim pemeriksa IDI Riau, tetap Kita belum, Selasa Kita konfirmasikan  lagi, mengingat waktuterus berjalan,”ujarnya.( isa )

Berita Lainnya

Index