Alpias, ST

Hampir Seribu Petugas akan Awasi Pilkada Kuansing

Minggu,17 Mei 2015 - 05:58:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Hampir seribu orang petugas atau pengawas akan mengawasi seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada Kuantan Singingi yang akan dilaksanakan pada 9 Desember yang akan datang. Mereka terdiri dari pengawas tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan TPS.

" Jadi beda struktur Panwaslu dengan yang dulu, kali ini ada pengawas TPS ,"ujar ketua Panwaslu Kabupaten Kuansing, Alpias, didampingi dua anggota Panwaslu Kuansing lainnya masing-masing Ependri saat bincang-bincang dengan wartawan, Jumat ( 15/5/2015 ) kemaren.

Untuk Panwas kabupaten bebernya terdiri dari tiga orang, Panwas kecamatan berjumlah 3 orang per-kecamatan dijumlahkan dengan 15 kecamatan, jumlah pengawas lapangan 1 orang setiap desa dijumlahkan dengan 229 desa dan kelurahan. Kemudian ada lagi pengawas TPS yang jumlah TPS saat ini sebanyak 675 buah, dan bisa bertambah atau berubah sesuai kondisi. "Jadi sekitar hampir seribu orang tenaga pengawas yang akan memantau seluruh tahapan Pilkada Kuansing nanti,"sebut Alpias.

Mereka akan segera direkrut secara berjenjang mulai dari Panwaslu kecamatan, PPL tingkat desa dan pengawas TPS. " Nanti jadwal segera ditetapkakan,"sambungnya.

Hal tersebut akan bertambah jika terdapat pengawas independen yang akan bekerja seperti dari LSM, perguruan tinggi dan para aktifitas pegiat demokrasi. Namun untuk hal ini mereka melaporkan ke komisi pemilihan umum ( KPU ) Kuansing.

Menurut Alpias, pihaknya berharap semua kalangann mentaati aturan yang ada dalam Pilkada, terutama semua pihak yang akan menjadi sorotan .Karena mereka dapat terjerat pelanggaran pidana Pemilu.

Panwaslu Kuansing sendiri usai pelantikan saat  ini disibukkan dengan penyediaan sarana dan prasarana pendukung seperti kantor, meubiler. "Untuk tahap awal ini Kita usahakan kantor sebagai pusat pengendali kegiatan,'pungkasnya.(Utr/Isa)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT