Moda transportasi kereta api. ( ktc )

Kuansing Bakal Dilintasi Jalur Kereta Api

Rabu,04 Februari 2015 - 07:55:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Kabupaten Kuansing bakal menjadi salah satu ruas transportasi kereta api yang digagas Kementrian Perhubungan RI, yakni rute Pekanbaru - Teluk Kuantan - Muaro Sinjujung sepanjang 164 kilometer.
Terkait hal ini Komisi D DPRD Riau meminta dukungan dari Bupati Kuansing H Sukarmis, saat komisi bidang fisik DPRD Riau itu berdialog dengan Bupati H Sukarmis di kantor Bupati Kuansing, Rabu ( 4/2/2015 ) siang.

Hadir dalam acara ini Bupati Sukarmis, Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra, Sekda Kuansing Drs H Muharman, M.Pd, Ketua Komisi D DPRD Riau, Drs Erizal Muluk dan sejumlah anggota Komisi D seperti Indra Putra, Bagus Santoso, Mursini, Riyanto dan sejumlah Kadis baik di lingkungan Pemkab Kuansing dan Pemprov Riau.

Permintaan dukungan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi D, Hardianto. Menurutnya sebelum ke Kuansing menggelar Kunker mereka bersama Plt. Gubri bersua dengan Menhub Ignasius Jonan membahas masalah jalur kereta api di Riau.

Untuk Riau ujarnya, ruas jalur kereta api yang akan dibangun yakni, melewati rute Pekanbaru-Telukkuantan-Muaro sepanjang 164 km, Pekanbaru-Jambi 350 km, Rantau Prapat-Duri-Dumai 249 km dan Duri-Pekanbaru sepanjang 90 km. KA Trans Sumatera ini juga akan menghubungkan tiga pelabuhan di Riau, yakni Dumai, Tanjung Buton dan Kuala Enok.

" Alhamdulillah Kuansing dilintasi jalur kereta api yang dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi dan perkembangan wilayah,"ujarnya.

Karena itu Riyanto meminta dukungan Bupati Sukarmis agar rencana ini dapat berjalan dengan baik, terutama masalah ganti rugi lahan dan permasalahan sosial lainnya yang pasti muncul selama pembangunan jalur kereta api tersebut.( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT