Gelar Workshop, Kesbangpol Ajak Pengurus Parpol ke Malang

Gelar Workshop, Kesbangpol Ajak Pengurus Parpol ke Malang
Parpol peserta Pemilu 9 April 2014. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Jelang Pemilu Legislatif 7 April mendatang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol ) menggesa dua kegiatan dalam rangka peningkatan kapasitas dan pemahaman pengurus dan Caleg terhadap aturan serta yang berkaitan dengan Pemilu.
" Dua kegiatan harus Kita gesa karena menyangkut Parpol yang berguna bagi pengurus dan Caleg menjelang Pemilu 7 April mendatang,"ujar Kepala Badan Kesbangpol Kuansing, Pebrian Swanda, S.Hut, Senin ( 20/1/2014 ) kemaren.
Dua kegiatan tersebut masing-masing work shop Parpol yang akan dilaksaakan di Kabupaten Malang. Kegiatan ini bekerjasama dengan Universitas Brawijaya Malang Provinsi Jawa Timur.
" Kita menggandeng Universitas Brawijaya untuk memberikan materi kepada peserta yang akan ikut kegiatan ini, sebelumnya tahun 2013 kegiatan dilaksaakan di Kota Yogyakayarta bekerjasama denga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universita Gajah Mada,"ujar Pebrian Swanda.
Kegiatan ini ujarnya, akan dikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari 17 utusan Parpol yang mendapatkan kursi di DPRD Kuansing, dan sisanya instansi pemerintah.
Kegiatan kedua yang akan dilaksanakan ungkapnya yakni, sosialisasi Undang-undang Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten kota. Kegiatan ini akan diikuti 0leh 150 orang peserta yang terdiri dari pengurus Parpol dan pewakilan instansi pemerintah seperti fihak kecamatan.Kegiatan ini dilaksanakan di Teluk Kuantan.
" Jadi pengurus Parpol dan perwakilan instasi pemerintah juga Kita ikutkan agar mereka memahami aturan dan penyelenggaraan Pemilu nantinya,"ujarnya.
Menurutnya dua kegiatan tersebut akan digesa dan dituntaskan pelaksanaannya pada bulan Februari, sebab pada bulan Maret tahapan Pemilu sudah akan masuk seperti tahapan kampanye.
" Sebelum Pemilu digelar hendaknya mereka sudah memahami aturan-aturan tentang Kepemiluan, apalai bagi pengurus baru dan para Caleg,'pungkasnya. ( isa)

Berita Lainnya

Index